Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemerintah Kabupaten Kejar DID

Pemerintah Kabupaten Kejar DID

Haryadi

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) tahun ini kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang diterima Rabu (15/5) lalu. Dengan diterimanya WTP, Pemkab BU bisa mengajukan  Dana Insentif Daerah (DID) yang nilainya Rp 15 miliar – Rp 60 miliar bersumber langsung dari Kementerian Keuangan (Kemenkau).

Sekda BU, Dr. Haryadi, MM, M.Si menuturkan, setiap daerah yang mendapatkan predikat WTP memang berhak menerima DID. Namun status WTP itu bukan syarat satu-satunya untuk mendapatkan DID sesuai dengan penilaian Kemenkeu.

“Ada indikator penurunan kemiskinan, pelayanan masyarakat. Program pemerintahan bersih hingga pembahasan APBD sebelum memasuki tahun anggaran yang sama,” katanya, Jum’at (17/5).

Pemkab BU sendiri sudah memenuhi syarat terutama program pemerintahan bersih dengan sistem elektronik, baik itu perencanaan dan keuangan. Pemkab BU juga setiap tahun terjadi penurunan angka kemiskinaan hingga 1 persen. Ada pergeseran angka kemiskinan 4 persen sejak 2016 lalu dan kini angka kemiskinan menjadi 10 persen.

“Kita merasa sudah memenuhi syarat. Namun memang nantinya akan diverifikasi lagi oleh Kementerian Keuangan. Ini terkait besaran DID yang diterima,” terang Sekda.

DID sangat dibutuhkan Pemkab BU terutama untuk pembangunan infrastuktur. Selain itu dana tersebut juga untuk penunjang program kemiskinan dan pemerintahan yang bersih.

“Kita sangat membutuhkan dana, saat ini kita lengkapi syaratnya. Yang jelas syarat opini WTP yang memang paling sulit sudah kita penuhi, pungkas Sekda. (qia)

Berita Lainnya

Eks Napi Tidak Bisa Mendaftar

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara membuka seleksi 11 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama eselon ...

error: Content is protected !!