Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tiga Puskesmas Belum Ada Dokter

Tiga Puskesmas Belum Ada Dokter

ARGA MAKMUR – Sudah sebulan dibuka, hingga kini belum ada dokter umum yang mendaftar untuk menjadi dokter non PNS di Puskesmas Lubuk Durian, Hulu Palik dan Tanjung Agung Palik (TAP). Imbasnya kini di tiga Puskesmas tersebut tidak memiliki dokter tetap.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara (BU) tidak memberikan syarat khusus bagi dokter yang ingin mendaftar. Mereka yang ingin mendaftar hanya wajib sudah berstatus dokter dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan bersedia bertugas di masing-masing Puskesmas.

Plt Kadis Kesehatan BU, Samsul Maarif, SKM, M.Kes menuturkan, saat ini dokter umum dari Puskesmas lain ditugaskan sementara di tiga Puskesmas tersebut. Namun mereka tidak menetap dan hanya datang saat jam kerja selain di tempat tugas utamanya.

“Selain itu juga kita menggunakan pola konsultasi antara perawat dengan dokter yang ditunjuk jika memang ada pasien,” katanya, Jum’at (17/5).

Meskiun berstatus non PNS, dokter yang mau bertugas di tiga Puskesmas tersebut akan mendapatkan honor sekitar Rp 3,7 juta – Rp 4,5 juta per bulannya. Belum lagi mereka akan mendapatkan izin untuk membuka praktik mandiri.

“Jadi kita yakin untuk pendaftaran sudah cukup, kita juga berikan tempat tinggal yang layak dan bisa praktik di luar jam kerja,” ujarnya.

Saat ini di BU memang sangat sulit mencari dokter, baik umum, dokter gigi lebih-lebih dokter spesialis. Bahkan saat pendaftaran tes CPNS tak satupun formasi dokter spesialis terisi peserta. (qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!