Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Metropolis / Tiga Tahun Tidak Pernah Dikeruk

Tiga Tahun Tidak Pernah Dikeruk

DANGKAL: Pemandangan di pintu air Tanjung Agung II mengalami pendangkalan akibat sedimentasi tanah. Tampak rerumputan memenuhi pintu air Tanjung Agung II. (foto: rahmad saputra/rb)

BENGKULU – Permukaan air di pintu air II Kelurahan Tanjung Agung mengalami pendangkalan akibat sedimentasi tanah. Hal itu menyebabkan aliran air tidak lancar. Warga sekitar meminta agar pihat terkait segera melakukan pengerukan dan pelebaran aliran air, agar tidak mudah terjadi banjir apabila musim penghujan datang.

Ketua RT 1 Kelurahan Tanjung Agung, Ahmad Saparudin (46) mengatakan saluran tempat pembuangan air menjadi tidak lancar akibat penyempitan dan pendangkalan di pintu air. Menurutnya sudah tiga tahun tidak pernah ada pengerukan. “Pendangkalan yang terjadi terutama pintu air II Tanjung Agung, harapan kami pihak terkait bergerak cepat karena sudah 3 tahun tidak pernah dikeruk. Tanah menumpuk dan rumput pun tumbuh tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, pendangkalan yang terjadi di pintu air II Kelurahan Tanjung Agung itu, juga berdampak sampai ke Kelurahan Sukamerindu. Seperti yang dikatakan Ketua RT 9 sukamerindu, Dayang Herawati (43). Dikatakannya, bila hujan turun maka banjir cepat naik. Untuk itu, ia meminta pihak terkait untuk bisa mengeruk dan melakukan pendalaman permukaan air di pintu air II Tanjung Agung.

“Kami berharap agar pemerintah bergerak cepat untuk memperbaiki aliran air tersebut, karena setiap musim hujan kami kebanjiran,” ujarnya.

Sementara itu, PPK OP SDA II Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII, Edi Junianto ST, M.Si ketika dikonfirmasi mengatakan, pendangkalan permukaan air di pintu air itu diakibatkan adanya sedimentasi tanah. “Kita mau melakukan pengerukan di pintu air II Tanjung Agung, cuma alat berat kita tidak bisa masuk karena jalan menuju pintu air sempit. Kalau pun mau kita akan merusak tanah dan tanaman warga, jadi kita butuh izin dari warga sekitar. untuk membuang tanah di kiri-kanan,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya membutuhkan mediasi dengan ketua RT sekitar agar bisa mencari solusi bersama agar bisa memperbaiki pintu air tersebut.(cw2)

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!