Jumat , 20 September 2019
Home / Berita utama / Parpol Pengusung “Ngotot” Bertahan

Parpol Pengusung “Ngotot” Bertahan

Herliardo

BENGKULU – Parpol pengusung dan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah bertahan atas usulan tiga nama cawagub ke DPRD Provinsi Bengkulu. Gubernur sudah menyatakan menyerahkan sepenuhnya dua usulan nama Cawagub kepada parpol pengusung. Sebaliknya parpol pengusung menyerahkan kepada gubernur.

“Dari kita parpol pengusung sudah menyerahkan masing-masing nama, tinggal gubernur yang memilih untuk disampaikan ke DPRD. Kami ikhlas siapapun yang dipilih gubernur nanti,” ujar Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu Herliardo.

Akan tetapi bila gubernur menginginkan parpol bersepakat terlebih dulu karena dari gubernur enggan mencoret dua nama lainya, Herliardo menyarankan agar gubernur mengundang keempat parpol pengusung untuk rapat bersama. Dalam rapat nantinya siapapun yang gagal diusulkan maka harus berbesar hati.

“Kalau saya tidak terpilih, saya rela. Terserah gubernur mau milih siapa, karena wakil inilah nantinya rekan gubernur menjalankan roda pemerintahan,” bebernya.

Menurut Herliardo, deadline yang diberikan DPRD Provinsi Bengkulu agar gubernur menyerahkan nama cawagub tanggal 21 Mei ini. Dengan waktu yang tinggal beberapa hari lagi maka diharapkan gubernur segera membuat keputusan memilih maksimal dua nama untuk disampaikan kepada DPRD Provinsi Bengkulu.

“Kalau gubernur tidak juga menyerahkan, artinya gubernur tidak mau punya wakil. Kita pun akan memakluminya kalau memang gubernur sanggup seorang diri,” tukasnya.

Akan tetapi kalau kirim nama empat-empatnya itu tidak bisa diproses, mereka harus bersepakat menyampaikan dua nama dulu,” kata Rohidin.

Rohidin yang sudah menerima usulan tiga nama dari tiga parpol pengusung menginginkan agar keempat parpol bersepakat terlebih dulu menentukan nama yang akan disampaikan ke DPRD Provinsi Bengkulu. Bukan masing-masing menyampaikan satu nama. Hal itu menurutnya dikarenakan posisi gubernur tidak dalam mengevaluasi keempat nama yang diusung oleh parpol pengusung.

Melainkan tugas gubernur menyampaikan usulan dua nama yang sudah disepakati parpol pengusung untuk diteruskan ke DPRD Provinsi Bengkulu. Selain itu juga agar lebih efektif  bila parpol pengusung sudah bersepakat. “Parpol pengusung bersepakat dulu. Silahkan siapa yang disepakati parpol pengusung, nanti saya akan menyampaikan ke DPRD,” terangnya.

Saat ditanya terkait deadline 15 hari setelah surat DPRD Provinsi Bengkulu prihal usulan cawagub dilayangka, menurut Rohidin, batas waktu tersebut berlaku ketika dirinya sudah menerima nama yang disepakati dari parpol pengusung. “Lima belas hari itu baru berlaku ketika saya menerima usulan nama dari parpol pengusung,” kata Rohidin.

Ditambahkan Sekretaris DPD Hanura Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Sembiring, dari Hanura sudah menyampaikan satu nama kepada gubernur, yaitu Ketua DPD Hanura Provinsi Bengkulu Muslihan DS. Untuk awal ini, masing-masing parpol memang menyampaikan satu nama yang diusung kepada gubernur. Nantinya diharapkan gubernur mengundang 4 parpol pengusung untuk rapat dalam rangka mengerucutkan empat nama menjadi dua nama.

“Kita parpol pengusung menunggu undangan dari gubernur untuk rapat. Nanti akan mengerucut 2 atau 1 nama dari hasil kesepakan bersama,” demikian Usin.

Untuk diketahui sementara ini sudah ada empat nama diusung oleh masing-masing parpol pengusung. Yaitu dari PKPI mengusung Hermedi Rian selaku Ketua DPP PKPI Provinsi Bengkulu, Nasdem mengusung Dedi Ermansyah, Hanura mengusung Ketua DPD Hanura Provinsi Bengkulu Muslihan DS, lalu PKB juga mengusung 1 nama yakni Herliardo Ketua DPW PKB. Dua diantara empat nama ini harus berbesar hati bila tidak terpilih, karena hanya maksimal dua nama yang akan disampaikan ke DPRD Provinsi Bengkulu. (key)

Berita Lainnya

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Raih Penghargaan Asia

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah menerima penghargaan dari Association of Agricultural Technology ...

error: Content is protected !!