Minggu , 23 Februari 2020
Home / Metropolis / Buang Sampah di Pantai, Viral

Buang Sampah di Pantai, Viral

BUANG: Seorang perempuan tertangkap kamera sedang membuang sampah sembarangan di tepi Pantai Sumur Meleleh. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Pengguna media sosial (medsos) facebook di Bengkulu, saat ini sedang dihebohkan dengan viralnya aksi seorang perempuan yang diduga membuang sampah sembarangan di pinggir pantai Sumur Meleleh. Aksi perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut, sempat diabadikan oleh seorang pengunjung pantai, dan dibagikan oleh akun facebook, Feri Rupa.

Berdasarkan penelusuran RB, postingan yang berisikan foto perempuan sedang membuang sampah itu, sudah dibagikan hampir 500 pengguna facebook. Bahkan menarik komentar pedas dari netizen. Menurut pengakuan Feri Rupa kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (18/5) lalu. Saat itu ia sedang bersama dengan temannya sedang mengambil video di Pantai Sumur Meleleh karena cuaca sedang bagus.

Ketika sudah mengambil video, ia dan teman-temannya duduk di pinggir pantai dan tiba-tiba wanita tersebut lewat dari samping mereka dan langsung menuju ke arah pantai. Di pantai ia langsung membuang sampahnya dan mencuci ember sampahnya dengan air laut. Sesudah membuang sampah wanita tersebut langsung bergegas pulang.

“Gak tau, tiba-tiba itu, ia lewat dan membuang sampah dipantai, posisinya jauh dari kami, kalau dekat sudah kami tegur,” ujarnya.

Terkait hal itu, Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Rusman Effendy mengaku sangat menyayangkan kejadian tersebut. Ia mengatakan seharusnya masyarakat tidak harus berbuat seperti itu dikarenakan membuang sampah di pantai dapat membahayakan ekosistem laut karena nantinya akan tercemar.

Padahal untuk pelayanan, pihaknya sudah bekerja sama dengan LPM yang mengangkut sampah dari rumah kerumah.untuk itu ia sangat menyayangkan kejadian tersebut terjadi. “Ya kami sangat menyayangkan kejadian tersebut terjadi, apalagi membuang sampah di pantai itu dapat membahayakan bagi mereka sendiri karena laut akan tercemar,” jelasnya.

Ia menambahkan, kalau untuk aturan sudah jelas dilarang membuang sampah sembarangan bahkan sudah diatur dalam peraturan daerah nomor 2 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah di Kota Bengkulu. Akan tetapi, mungkin pengetahuan tersebut masih minim dimasyarakat karena masih kurangnya sosialisasi ditingkat kelurahan maupun kecamatan yang ada.

Untuk itu, ke depan pihaknya akan melakukan sosialisasi kembali dan melakukan pengawasan yang lebih ditingkatkan lagi. Hal itu dikarenakan membuang sampah sembarangan bisa diberikan sanksi berupa denda maupun sanski berat lainnya seperti penahanan.

“Mungkin ke depan pengawasan akan lebih ditingkat lagi agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarang apalagi didaerah wisata seperti itu, Kalau buang sampah sembarangan bisa diberikan sanksi akan tetapi masih banyaknya yang luput dari pengawasan sehingga kami tidak bisa bertindak langsung,” tutupnya.(cw1)

Berita Lainnya

Satpol PP Targetkan 1 Bulan Untuk Tertibkan Pedagang Pasar Panorama

BENGKULU- Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) mentargetkan waktu 1 bulan untuk menertibkan pedagang Pasar …