Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Program AUTS, BS Dapat Jatah 36 Ekor

Program AUTS, BS Dapat Jatah 36 Ekor

ASURANSI: Beberapa kelompok ternak sapi mendapat Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Kabupaten Bengkulu Selatan mendapat jatah 36 ekor sapi masuk program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) tahun 2019.

Seperti dikaakan Kepala Dinas Pertanian (Distan) BS Sukarni Dunip, SP salah satu tujuan dari AUTS yakni untuk mensupport dan memberi stimulus agar peternak merubah pola beternak dari ternak liar, jadi ternak dikandangkan secara intensif. “Untuk BS ada 56 ekor sapi yang mendapat AUTS nantinya. Karena dari 1.000 ekor program itu dibagi setiap kabupaten di Bengkulu,” jelas Sukarni.

Sapi yang bisa diasuransikan itu hanya sapi yang dikandangkan. Bukannya sapi yang dibiarkan liar. Dengan dikandangkan ternak itu secara intensif, ada beberapa keuntungan.

Diantaranya ternak itu bisa dilakukan inseminasi buatan, penyakit dapat dikontrol dan lebih aman. Selain itu juga bisa mendukung program pertanian lainnya serta ketahanan pangan.

‘’Program Pemkab BS ada yang namanya semua hewan ternak wajib dikandangkan. Ini sangat berkaitan dengan program dari pusat soal AUTS,’’ jelasnya.

Untuk asuransi ternak sapi ini hanya bayar premi Rp 200 ribu per ekor per tahun. Kalaupun sapinya mati bisa terima pembayaran klaim Rp 10 juta per ekor.

Untuk program AUTS yang disubsidi pemerintah ini pembayaran preminya sebesar Rp 40 ribu per ekor. ‘’Para peternak bisa mengasuransikan sapinya ini secara mandiri,” papar Sukarni.

Di Kabupaten BS ada berberapa kelompok tani yang sapinya mati mendadak akibat terserang penyakit. Dengan adanya asuransi ini bila terjadi hal yang buruk pada peternak sapi, AUTS sangat membantu. ‘’Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan baik bagi perkembangan peternakan sapi BS,” ujar Sukarni.(tek)

Berita Lainnya

Proyek Taman Bunga Putus Kontrak

KOTA MANNA – Pekerjaan proyek Taman Bunga Matahari dalam halaman Sekretariat Pemkab  Bengkulu Selatan (BS), ...

error: Content is protected !!