Jumat , 21 Februari 2020
Home / Metropolis / Sekda: ASN Wajib Bayar Zakat

Sekda: ASN Wajib Bayar Zakat

Marjon

BENGKULU- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu baru-baru ini sudah memutuskan bersama Badan Amil Zakat (Baznas), Majelis Ulama Islam (MUI), Nadhatul Ulama (NU), Muhammadiyah, serta pengurus Masjid Bengkulu tentang penentuan besaran uang penganti Zakat Fitrah tahun ini.

Untuk diketahui penetapan hukum zakat fitrah dengan nominal uang dibagi beberapa kelas. Yakni untuk kelas tinggi Rp. 35.000, kelas menengah Rp. 30.000, dan kelas bawah Rp. 25.000.  Selain itu nominal zakat fitrah bisa diganti dengan sejumlah uang, di timbang per- 2,5 kg beras (10 canting)  atau makanan yang mengenyangkan bagi masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, MPd mengimbau, agar seluruh Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota untuk terus mengingatkan sejumlah aparatur sipil Negara (ASN) membayar zakat.

“Kita mengimbau seluruh ASN sesuai ketentuannya untuk wajib membayar zakat. Dan kita sudah ada wadahnya (tempat membayar) zakat yakni Baznas kota. Jadi seluruh Kepala OPD dalam hal ini untuk terus mengingatkan ASN bayar zakat,” tegas Marjon.

Selain itu Marjon mengatakan, terkait hukum penentuan Zakat sudah ditetapkan. Maka dari itu merupakan hal yang sah karena merupakan Barometer dalam memperhatikan klarifikasi tingkat ekonomi masyarakat di Kota Bengkulu. “Dengan sudah ditetapkan penentuan nominal zakat tersebut, kita sebagai kalangan mampu untuk wajib membayar zakat. Dan kita juga berharap masyarakat juga ikut bersama-sama mengawasi pengelolaan keuangan zakat tersebut ditiap masjid agar transparan,” bebernya.(new)

Berita Lainnya

Jadi Lingkaran Setan, Fraksi PAN Desak BPJS Kesehatan Dihapuskan

BENGKULU– Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Jakarta sudah menggaungkan penolakan BPJS, serta sepakat agar …