Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Kadis Pertanian Klaim Proyek PL Sesuai Ketentuan

Kadis Pertanian Klaim Proyek PL Sesuai Ketentuan

Hernawan

KEPAHIANG – Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang, Hernawan, SPKP mengklaim bahwa program Pembuatan Jalan Produksi yang dilakukan secara Pengadaan Langsung (PL), sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menurutnya dibaginya program tersebut menjadi beberapa item lantaran lokasi pembangunannya berbeda-beda. Bahkan hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Kepahiang mendapatkan program Pembuatan Jalan Produksi tersebut.

“Kalau tidak kita bagi menjadi beberapa item, justru itu yang tidak efektif. Kita tidak bisa menjadikan program itu menjadi 1 item saja, karena titik pembangunannya berjauhan dan berbeda,” ungkap Hernawan, Senin (20/5).

Diketahui sebelumnya, berdasarkan data yang tertera dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Kabupaten Kepahiang Tahun 2019, atau yang ditayangkan pada web https://sirup.lkpp.go.id/sirup/home/penyedia/satker/101979 ada 6 item anggaran Pembuatan Jalan Produksi senilai Rp 180 juta, dan 4 item anggaran senilai Rp 140 juta, yang seluruhnya dilakukan secara PL. Item ini jika diakumulasikan akan berjumlah senilai Rp 1,64 miliar.

“Kenapa alokasinya anggarannya sama? Karena memang perencanaan pembangunan yang kita lakukan antar titik itu sama. Sehingga tidak terjadi kesenjangan,” jelasnya.

Diterangkan Hernawan, program Pembuatan Jalan Produksi ini merupakan kebijakan yang diambil Pemkab Kepahiang, atas berbagai keluhan dari masyarakat terkait sulitnya akses masyarakat dalam membawa hasil pertanian dan perkebunan mereka selama ini.

“Dengan dibangunnya jalan produksi ini, masyarakat bisa lebih mudah mengangkut atau membawa komoditi hasil pertanian mereka. Selain itu juga jalan produksi ini juga bisa menjadi jalan penghubung antar dusun, sehingga mempermudah akses masyarakat yang kemudian diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat juga,” demikian Hernawan. (sly)

Berita Lainnya

Pasang Plakat Rumah Keluarga Miskin

KEPAHIANG – Guna mengantisipasi penyelewengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Kepahiang, Dinas ...

error: Content is protected !!