Minggu , 23 Februari 2020
Home / Metropolis / OPD Ramah Disabilitas

OPD Ramah Disabilitas

BENGKULU – Mendukung program Bengkulu peduli, Pemerintah Kota (Pemkot) mewajibkan seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan dengan masyarakat untuk menyiapkan fasilitas khusus bagi kaum disabilitas. Salah satu OPD yang sudah menerapkan pelayanan ramah disabilitas adalah Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu.

Kepala Dinas PMPTSP Kota Bengkulu, Toni Harisman, M.Si mengatakan, beberapa layanan ramah disabilitas yang sudah diterapkan pihaknya yakni mulai dari parkir ramah disabilitas, WC disabilitas, kursi khusus hingga lantai yang dibuat untuk memudahkan kaum disabilitas untuk berkunjung dan mengurus sesuatu. Untuk pelayanannya sendiri, pihaknya juga akan meningkatkan sehingga kaum disabilitas tidak merasa terkucilkan.

“Ya kami sudah menerapkan pelayanan ramah disabilitas. Kami ingin pelayanan masyarakat dapat dirasakan oleh semuanya,” jelasnya, kemarin (20/5).

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Bengkulu, Mitrul Ajemi mengatakan, penerapan aturan kantor ramah disabilitas ini juga termasuk dalam bagian penegakan Peraturan Daerah (Perda).  Seperti halnya Perda ruang khusus ibu menyusui dan ruang khusus bagi perokok. “Jadi untuk pelayanan khusus bagi disabilitas juga bakal ada,” katanya.

Bagi OPD yang belum memiliki fasilitas ramah disabilitas untuk segera menerapkannya. Dengan adanya fasilitas yang memudahkan kaum disabilitas seperti buta dan yang menggunakan kursi roda dapat mengurus perizinan maupun yang lainnya secara mudah seperti halnya masyarakat pada umumnya.

“Ya semoga nanti ada Perdanya juga. Apabila ini sudah diterapkan semuanya maka pelayanan masyarakat akan sangat baik tanpa ada yang kesulitan,” pungkasnya. (cw1)

Berita Lainnya

Satpol PP Targetkan 1 Bulan Untuk Tertibkan Pedagang Pasar Panorama

BENGKULU- Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) mentargetkan waktu 1 bulan untuk menertibkan pedagang Pasar …