Senin , 17 Juni 2019
Home / Berita utama / Balon Wagub Bertambah

Balon Wagub Bertambah

DATANGI: Bupati Benteng yang juga Ketua NasDem Provinsi Bengkulu Ferry Ramli mendatangi Kantor Gubernur, Selasa (21/5). (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Bukannya mengerucut menjadi dua nama, akan tetapi bakal calon (balon) Wakil Gubernur bertambah menjadi lima orang. Ini setelah Nasdem menyampaikan dua nama kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Selain Dedi Ermansyah, Nasdem juga mengusulkan nama Rusli Yakub Ketua DPD Nasdem Kabupaten Seluma.

Dikatakan Rohidin, ada lima nama balon wagub yang disampaikan kepadanya dari empat parpol pengusung. Akan tetapi sebagaimana diamanatkan undang-undang bahwa parpol pengusung menyampaikan dua nama ke gubernur selanjutnya baru gubernur menyampaikan ke DPRD untuk dipilih, maka usulan tersebut dikembalikan lagi ke parpol pengusung. Untuk mereka segera bermusyawarah menyepakati 2 nama dari 5 nama yang sudah ada.

“Artinya dari lima nama yang diusulkan saya sepakat, tidak ada persoalan semuanya bagus. Tinggal silahkan parpol pengusung bermusyawarah kembali untuk mengerucutkan dua nama,” ujar Rohidin.

Pengerucutan dua nama dari lima nama tersebut diserahkan sepenuhnya oleh Rohidin kepada parpol pengusung karena itu merupakan kewenangan parpol pengusung. Sesuai dengan amanat undang-undang juga, dirinya tidak memiliki kewenangan menambah atau mengurangi nama yang diusulkan. Sementara itu terkait jawaban yang ditunggu DPRD Provinsi Bengkulu dengan batas waktu kemarin, Rohidin menerangkan bahwa dirinya sudah memberikan jawaban.

“Karena dikirimkan lima nama ke gubernur, sementara amanat undang-undang gubernur hanya menerima dua nama, maka saya kembalikan ke parpol pengusung untuk bermusyawarah menetapkan dua nama. Itu jawaban saya ke DPRD,” beber Rohidin.

Selain Nasdem yang mengusulkan dua nama, tiga parpol pengusung lainnya hanya mengusulkan satu nama. Yaitu dari PKPI mengusulkan Hermedi Rian, Hanura mengusulkan Muslihan DS, dan PKB mengusulkan Herliardo. Belum bersepakatnya parpol pengusung untuk menyepakati dua nama, juga diakui oleh Ketua DPW Nasdem Provinsi Bengkulu Ferry Ramli yang juga saat ini menjabat sebagai Bupati Bengkulu Tengah (Benteng).

“Mungkin besok (hari ini ) atau malam ini (tadi malam) mungkin saya adakan pertemuan dengan mereka (parpol pengusung). Karena bukan orang lain semuanya saudara, teman silakan saja nanti siapa yang pas untuk menjadi wakil gubernur,” kata Ferry kemarin ditemui usai menghadap Rohidin di Kantor Gubernur, kemarin.

Ferry menambahkan dari Nasdem ada dua nama, yaitu Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah. Akan tetapi bila dua nama yang diusung Nasdem ini satupun tidak terpilih dalam kesepakatan, Nasdem tetap akan menerimanya keputusan tersebut. Menurutnya, yang penting orang akan mendampingi gubernur nantinya memiliki semangat dan motivasi untuk membangun daerah, serta tentunya sejalan dengan gubernur. Dirinya berharap sesegera mungkin sudah ada titik terang untuk duanama, dan prosesnya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme.

“Tanpa wagub pun sebenarnya tidak masalah, karena waktu juga sudah singkat.  Tetapi parpol pengusung juga punya hak, nanti kami adakan kesepakatan dirapatkan dulu cari solusi bagaimana yang terbaik untuk Provinsi Bengkulu. Saya tidak bisa memutuskan sendiri,” pungkas Ferry. (key)

Berita Lainnya

Pentas Seni, Pawai Adat dan Karnaval Budaya Meriahkan Pembukaan Perayaan HUT Kota Curup ke-139

CURUP – Bupati Rejang Lebong  H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si secara resmi membuka  Pagelaran Pentas ...

error: Content is protected !!