Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bayar THR, Perusahaan Legowo

Bayar THR, Perusahaan Legowo

MUKOMUKO – Hingga Selasa (21/5), belum ada satupun perusahaan yang mengajukan keberatan membayar tunjangan hari raya (THR) karyawannya sesuai ketentuan. Tidak ada juga perusahaan yang mengajukan, agar diperbolehkan membayar THR setengah dari gaji karyawan. Atau disesuaikan dengan kemampuan keuangan perusahaan.

“Sampai Rabu (22/5), belum ada yang mengajukan keberatan,” kata Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Mukomuko, Syafrizal, SH, Selasa (21/5).

Ditegaskan Syafrizal, perusahaan wajib sudah membayar THR paling lama seminggu sebelum lebaran. Dan pihaknya akan memantau realisasinya, sebagaimana yang sudah diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja (Menaker).

“Seminggu sebelum lebaran paling lambat pembayarannya. Kita menunggu laporan dari mereka (perusahaan),” kata Syafrizal.

Ia pun mempersilakan karyawan melapor ke Bidang Nakertrans DPMPPTK Mukomuko. Jika perusahaan tempat ia bekerja tidak mematuhi aturan soal besaran dan pembayaran THR.

“Bagi karyawan yang mengeluh soal THR, silakan saja datang melapor. Ada sanksi bagi perusahaan jika terbukti tidak menjalankan SE Menaker,” sampainya.

Perusahaanpun diminta untuk melapor, jika ada yang keberatan soal THR tersebut. Harus dipaparkan alasannya, kenapa tidak membayar THR atau kenapa hanya membayar setengah THR dari ketentuan yang sudah diatur pemerintah.

“Bagi perusahaan ada yang keberatan, harus melaporkan ke dinas,” tegasnya.

Syafrizal memastikan akan memantau seluruh perusahaan. Meskipun akan lebih menekankan pengawasan kepada perusahaan perkebunan dan pabrik minyak kelapa sawit (PMKS). Walau demikian, Syafrizal mengaku tidak akan sampai mengecek turun ke setiap perusahaan. Dikarenakan terkendala anggaran, sehingga tidak memungkinkan datang langsung ke perusahaan.

“Terkendala anggaran untuk mengecek ke lapangan. Semoga saja tidak ada yang keberatan. Kalau selama ini, belum pernah ada kejadian perusahaan menyampaikan keberatan soal pembayaran THR karyawannya,” demikian Syafrizal. (hue)

Berita Lainnya

Tenaga Panwascam Diminati

MUKOMUKO – Peluang kerja di momen Pilkada 2020 jadi rebutan. Bukan hanya penerimaan Panwascam di ...

error: Content is protected !!