Minggu , 16 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / BPOM Temukan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual

BPOM Temukan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual

PERIKSA: BPOM Bengkulu memeriksa makanan kedaluwarsa dan tidak memiliki izin edar di wilayah Kota Arga Makmur.(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu kembali melakukan pemeriksaan, Selasa (21/5). Kali ini tujuannya makanan yang dijual di warung-warung dan gudang makanan yang ada di Kota Arga Makmur.

Hasilnya, ratusan makanan kedaluwarsa ditemukan BPOM masih terpajang di tempat penjualan. Mayoritas makanan yang ditemukan kedaluwarsa adalah mie instan, dan makanan cepat saji serta makanan kemasan lainnya. Selain itu, ada juga ratusan pemanis buatan yang disita BPOM karena tidak dilengkapi izin edar.

Kepala BPOM Bengkulu, Syafrudin, Apt, M.Si mengatakan BPOM bukan hanya melakukan penyitaan pada barang berbahaya yang masih dijual oleh pedagang. Tetapi BPOM juga akan melakukan pemeriksaan pada penjual. Mereka akan diminta datang ke kantor BPOM Bengkulu.

“Jadi kita akan periksa juga penjualnya, kita undang ke BPOM untuk memberikan penjelasan. Diantaranya darimana mereka mendapatkan, berapa banyak membelinya dan berapa lama sudah dijual,” katanya.

Ia juga menjelaskan sepanjang Ramadan dan menjelang Idul Fitri, konsumsi masyarakat akan meningkat. Hal ini akan dimanfaatkan oleh pedagang dengan menjual barang-barang yang tidak memenuhi syarat untuk dijual. “Terkadang pembeli kurang jeli untuk mengecek dan membeli makanan dan bahan makanan yang berbahaya,” terangnya.

Tak hanya itu, tim gabungan kemarin juga mendatangi gudang-gudang makanan untuk mengecek kondisi gudang. Di sana BPOM bukan  hanya mengecek makanan namun juga memeriksa penempatan makanan kedaluwarsa di masing-masing gudang. “Kita mengimbau agar seluruh pedagang baik itu pengecer, distributor maupun mini market tetap memenuhi syarat-syarat dalam berdagang. Terutama memperhatikan persyaratan makanan yang bisa dijual,” pungkas Syafrudin.(qia)

Berita Lainnya

PDIP, Golkar dan Gerindra Duduki Pimpinan Dewan

ARGA MAKMUR – Persidangan  sengketa Pemilu tingkat Pilpres sudah mulai digelar di Mahkamah Konstitusi (MK). ...

error: Content is protected !!