Rabu , 19 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Kades Suban Harus Kembalikan Rp 100 Juta

Kades Suban Harus Kembalikan Rp 100 Juta

Ramlan Fahmi

SEMIDANG ALAS – Berdasarkan hasil audit Inspektorat Seluma terhadap realisasi Dana Desa (DD) Desa Suban, Kecamatan Semidang Alas tahun 2018, ditemukan adanya kekurangan pekerjaan sehingga menimbulkan Kerugian Negara (KN) Rp 100 juta. Atas hasil tersebut, Inspektorat meminta Kepala Desa Suban, Neri Nurhayati mengembalikan Kerugian Negara (KN) paling lama 60 hari atau selama tiga bulan.

Inspektur Inspektorat Seluma, Drs. Ramlan Fahmi melalui Inspektur Pembantu (Irban) III, Hamdani, SH membenarkan hasil audit tersebut. ‘’Dari pemeriksaan auditor kami ditemukan adanya penyimpangan dan ini sudah diakui oleh yang bersangkutan (Kades Suban, red). Sehingga dalam waktu 60 hari ke depan, KN tersebut harus selesai dikembalikan,’’ terang Hamdani.

Dijelaskan Hamdani, audit yang dilakukan oleh tim auditor Inspektorat Seluma banyak menemukan kekurangan volume pekerjaan yang telah dianggarkan dalam DD tahun 2018. Seperti pembangunan gedung PAUD, jalan lingkungan dan pembangunan siring pasang jalan lingkungan desa.

‘’Saya bersama tim auditor langsung turun dan melakukan pemeriksaan ke Desa Suban. Hasilnya tidak ada pekerjaan yang fiktif, semua dilaksanakan. Namun volume pekerjaanya yang banyak kurang,’’ jelas Hamdani.

Dari hasil temuan tersebut lanjut Hamdani, pihaknya sudah menyampaikan pada Kades Suban dan hal ini pun sudah diakui yang bersangkutan. Sedangkan pekerjaan yang belum terselesaikan dan kurang volume, tetap dilanjutkan pembangunannya hingga selesai tanpa penyimpangan.

Inspektorat Seluma memaklumi khusus keterlambatan penyelesaian pembangunan ini, mengingat sulitnya distribusi material bangunan ke Desa Suban. Kondisi jalan yang tidak bisa dilalui oleh mobil biasa menjadi kendala utama lambatnya material masuk ke desa itu. Muaranya, pekerjaan yang telah dianggarkan melalui DD tahun 2018 terlambat realisasinya.

‘’Atas temuan tersebut, Kades Suban sudah mengakui serta bersedia untuk mengembalikan dan akan menyetorkannya kembali ke Kas Daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait hal ini Kades Suban, Neri Nurhayati belum dapat dikonfirmasi. Dihubungi melalui ponselnya baik telepon juga pesan Whatsaap (WA) belum didapatkan jawaban, hingga berita ini disusun.(aba)

Berita Lainnya

CJH Berangkat 14 dan 16 Juli, Dibagi 2 Kloter

SELUMA – Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Seluma, Drs. Herman Yatim, MM menyampaikan sebanyak 203 Calon ...

error: Content is protected !!