Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Lepas Liar Satwa Langka di SBK

Lepas Liar Satwa Langka di SBK

LEPAS SATWA: Pelepasan satwa langka dan dilindungi oleh BKSDA Provinsi Bengkulu di Taman Buru Semidang Bukit Kabu, Rabu (22/5).(foto: yayan/rb)

SELUMA – Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Dunia setiap 22 Mei, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu melepasliarkan satwa langka dan dilindungi. Pelepasan satwa jenis kukang satu ekor, tiga ekor Siamang, dan tiga ekor kucing akar serta satu burung cucak ijo berlangsung di Taman Buru Semidang Bukit Kabu (SBK), Rabu (22/5).

Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu, Ir. Donal Hutasoit, ME mengatakan, pelepasan atau pengembalian satwa langka dan dilindungi ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan keberadaannya sehingga tidak sampai punah. ‘’Bertepatan peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Dunia, kita turut serta menjaga kelestarian alam dengan melepasliarkan sejumlah satwa langka dan dilindungi. Harapan kita satwa itu dapat hidup dan berkembang biak di habitatnya,’’ jelas Donal, Rabu (22/5).

Sebelum dilepasliarkan, satwa langka dan dilindungi ini telah lebih dulu dikarantina oleh BKSDA guna memulihkan kondisi kesehatan satwa. Semua satwa langka dan dilindungi ini hasil sitaan dari warga yang dilakukan pihak kepolisian dan diserahkan ke BKSDA.

‘’Jadi semua satwa yang kita lepasliarkan hari ini (kemarin,red) dalam kondisi sehat dan kuat. Semua telah siap untuk kembali hidup bebas di habitatnya di SBK,’’ kata Donal.

Kegiatan pelepasan satwa disaksikan seluruh petugas BKSDA Seksi Wilayah II Seluma. Selain itu juga hadir Putri Duta Bukit Kaba, Rika (18) yang selama ini ikut berperan menjaga kelestarian alam di Kabupaten Seluma.

Putri Duta Bukit Kaba tahun 2018 mengatakan sangat apresiasi dan mendukung pelepasan satwa langka dan dilindungi ini kembali ke habitatnya. ‘’Saya baru kali ini bisa melihat secara langsung pelepasan satwa di Taman Buru SBK. Semoga satwa langka yang dilindungi ini bisa berkembang biak dan tetap terjaga kelestariannya,’’ sampai Rika.(aba)

Berita Lainnya

Bayar Gaji PPK dan PPS, KPU Janji Lagi

SELUMA – Walaupun masa tugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilu ...

error: Content is protected !!