Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penyaluran BPNT Via 68 e-Warung

Penyaluran BPNT Via 68 e-Warung

CEK: Kabid PFM mengecek kesiapan penyaluran BPNT melalui e-Warung di Kota Mukomuko.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Kalau tidak ada kendala teknis, bulan September depan program beras sejahtera (Rastra) distop. Program itu bakal diganti dengan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Semua penerima Rastra dialihkan sebagai penerima BPNT.

Total di Mukomuko, penerima BPNT sebanyak 9.217 keluarga penerima manfaat (KPM). Pendistribusian melalui toko atau warung yang sudah disurvei dan diajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos) dimana tempat penyalurannya disebut e-Warung. Jumlahnya se-Kabupaten Mukomuko sebanyak 68 e-Warung.

Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Mukomuko, Rabiadi, SE, mengatakan jumlah e-Warung disetiap kecamatan beda. Lalu, meskipun KPM yang menerima BPNT ada disetiap desa tapi untuk e-Warung tidak berada di setiap desa. Sehingga untuk penyaluran BPNT ke beberapa desa digabung disatu e-Warung.

‘’Tetapi ada juga disatu desa ada satu e-Warung. Ini disesuaikan dengan jumlah KPM dan jarak desa dengan desa lainnya,” kata Rabiadi.

Seperti di Kecamatan Kota Mukomuko, dari 9 desa/ kelurahan dengan KPM, hanya ada 6 e-Warung. Lalu Desa Selagan Jaya, Pondok Batu dan Kelurahan Koto Jaya terdapat e-Warung masing-masing.

Namun desa yang lainnya, seperti Kelurahan Pasar Mukomuko dan Desa Ujung Padang, hanya ditunjuk 1 e-Warung. Di Desa Tanah Rekah dan Tanah Harapan juga 1 e-Warung. Di Kelurahan Bandaratu dan Desa Pasar Sebelah, ada 1 e-Warung.

“Ada beberapa desa tersebut digabung dengan desa terdekat. Pasalnya, jumlah KPMnya per desa masih sedikit,” ujar Rabiadi.

Sedangkan kcamatan lain, yakni Air Manjuto untuk layani 729 KPM disediakan 5 e-Warung dari 8 desa yang ada. Lalu di Selagan Raya, 998 KPM dilayani 7 e-Warung. Di kecamatan Teras Terunjam 483 KPM, dilayani 4 e-Warung. Kecamatan Teramang Jaya 448 KPM ada 3 e-Warung. Kecamatan Sungai Rumbai, 422 KPM, juga hanya dilayani 3 e-Warung.

Berikutnya Kecamatan Pondok Suguh dan Kecamatan Malin Deman dengan jumlah KPM masing-masing 578 KPM. Di masing-masing kecamatan ini juga hanya dilayani 3 e-Warung. Kecamatan Air Rami, 634 KPM, 4 e-Warung.

Kecamatan V Koto, 564 KPM, 2 e-Warung. Kecamatan Lubuk Pinang, 576 KPM, 5 e-Warung. Selanjutnya Kecamatan XIV Koto, 856 KPM, 5 e-Warung. Kecamatan Air Dikit, 300 KPM, 2 e-Warung, dan Kecamatan Ipuh sebanyak 795 KPM, dilayani 5 e-Warung. Serta Kecamatan Penarik, 11 e-Warung, untuk melayani 998 KPM.

“Terbanyak keberadaan e-Warung yang diajukan ke Kemensos, di Kecamatan Penarik. Sampai 11 e-Warung. Terus di Selagan Raya 7 e-Warung, Kota Mukomuko 6 e-Warung. Kecamatan lainnya dibawah itu semua,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Warga Minta Bupati Stabilkan Harga TBS serta Surati PT. Agro Muko

MUKOMUKO–  Sebanyak 15 orang warga Mukomuko, menggelar unjuk rasa, Selasa (20/8). Unjuk rasa dilakukan persis ...

error: Content is protected !!