Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Berita utama / Rebutan Kursi Wagub, Nasdem Sodorkan Dua Nama ke Rohidin, Dedy “Black” dan Rusli Yakub

Rebutan Kursi Wagub, Nasdem Sodorkan Dua Nama ke Rohidin, Dedy “Black” dan Rusli Yakub

BENGKULU – Tahapan Pemilihan Wakil Gubernur (Pilwagub) stagnan alias jalan di tempat. Lima Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu hingga Rabu (22/5) belum juga mengerucut menjadi dua nama.  Membuat gubernur belum bisa menyerahkan dua nama kepada DPRD Provinsi Bengkulu untuk dilakukan pemilihan.

“Sampai sore Rabu (22/5) belum ada kesepakatan. Bagaimana mau bersepakat kalau parpol pengusung belum bertemu,” kata Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu Herliardo.

Dengan belum juga digelarnya pertemuan parpol pengusung ini, Herliardo menyarankan agar gubernur dapat memfasilitasi pertemuan dengan mengundang keempat parpol pengusung untuk rapat bersama. Pertemuan untuk menyepakati dua nama yang akan disampaikan oleh gubernur kepada DPRD Provinsi Bengkulu. Dalam rapat nantinya siapapun yang gagal diusulkan maka harus berbesar hati.

“Kalau saya tidak terpilih, saya rela. Terserah gubernur mau milih siapa, karena wakil inilah nantinya yang akan menjadi rekan gubernur menjalankan roda pemerintahan,” terang Herliardo.

Terkait Nasdem yang mengusulkan dua nama, Herliardo tidak mempermasalahkannya. Meskipun tiga parpol pengusung lainnya masing-masing hanya mengusulkan satu nama. Akan tetapi menurutnya yang terpenting adalah agar dua nama segera disepakati oleh parpol pengusung supaya tahapan pilwagub bisa dilanjutkan.

“Kalau gubernur tidak juga menyerahkan, artinya gubernur tidak mau punya wakil. Kita pun akan memakluminya kalau memang gubernur sanggup seorang diri,” bebernya.

Kelima nama balon wagub ini, yaitu dua diantaranya diusung Nasdem Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah. Kemudian dari PKPI mengusulkan Hermedi Rian, Hanura mengusulkan Muslihan DS, dan PKB mengusulkan Herliardo.

Rusli Yakub mengatakan siap maju dan “bertarung” dalam bursa Pilwagub bila namanya diusulkan ke Gubernur dan DPRD Provinsi Bengkulu untuk dilakukan pemilihan. “Kalau memang dibutuhkan dan diminta, saya siap untuk maju dalam Pilwagub ini. Saya akan sumbangkan segala ide dan pemikiran saya nantinya jika dipilih mendampingi Pak Rohidin dalam membangun dan memajukan Provinsi Bengkulu,” kata Rusli.

Pengerucutan dua nama dari lima nama tersebut diserahkan sepenuhnya oleh Gubernur Rohidin Mersyah kepada parpol pengusung karena itu merupakan kewenangan parpol pengusung. Sesuai dengan amanat undang-undang juga, dirinya tidak memiliki kewenangan menambah atau mengurangi nama yang diusulkan.

“Dari lima nama yang diusulkan saya sepakat, tidak ada persoalan semuanya bagus. Tinggal silahkan parpol pengusung bermusyawarah kembali untuk mengerucutkan dua nama, baru diserahkan ke saya untuk disampaikan ke DPRD,” demikian Rohidin.

Sebelumnya Ketua DPW NasDem Provinsi Bengkulu, Ferry Ramli menambahkan dari Nasdem ada dua nama, yaitu Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah. Akan tetapi bila dua nama yang diusung Nasdem ini satupun tidak terpilih dalam kesepakatan, Nasdem tetap akan menerimanya keputusan tersebut. Menurutnya, yang penting orang akan mendampingi gubernur nantinya memiliki semangat dan motivasi untuk membangun daerah, serta tentunya sejalan dengan gubernur. Dirinya berharap sesegera mungkin sudah ada titik terang untuk duanama, dan prosesnya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme.

“Tanpa wagub pun sebenarnya tidak masalah, karena waktu juga sudah singkat.  Tetapi parpol pengusung juga punya hak, nanti kami adakan kesepakatan dirapatkan dulu cari solusi bagaimana yang terbaik untuk Provinsi Bengkulu. Saya tidak bisa memutuskan sendiri,” pungkas Ferry.(key)

Berita Lainnya

Berbagi Pada Sesama, Astra Motor Bengkulu Adakan Donor Darah

BENGKULU– Astra Motor Bengkulu kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin 3 bulanan, Jumat (23/8). Kegiatan ...

error: Content is protected !!