Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Tronton Terperosok di Lantai Jembatan

Tronton Terperosok di Lantai Jembatan

TERPEROSOK: Tronton mengangkut alat berat terperosok pada jembatan lantai kayu di jalan lintas Kecamatan Malin Deman, Rabu (22/5).

MALIN DEMAN – Satu unit truk tronton mengangkut alat berat jenis bulldozer, terperosok di badan jembatan pada Selasa Rabu (21/5) pukul 16.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam kejadian ini. Tapi mengakibatkan jalan poros di Kecamatan Malin Deman macet.

‘’Dari kejadian ini mobil mini bus apalagi truk, benar-benar tak bisa lewat. Sedangkan utuk motor kalau mau melintas harus ekstra hati-hati,” kata Kades Talang Baru, Kecamatan Malin Deman, Dahri Iskandar, Rabu (22/5).

Terperosoknya truk tronton tersebut, persis pada badan jembatan yang masih berlantai kayu. Yakni, pada jalan poros Kecamatan Malin Deman. Jembatan dan jalan ini akses dari Kecamatan Ipuh ke pusat Kecamatan Malin Deman, ataupun sebaliknya. Jalan ini juga ketika ada warga Malin Deman yang sakit yang harus dirujuk ke Puskesmas Perawatan Ipuh.

Beban truk tronton beserta alat berat diatasnya, diperkirakan mencapai 25 ton. Tak ayal, jembatan yang tidak kunjung dibeton lantainya oleh Pemkab Mukomuko tidak mampu menahan beban berat tronton tersebut. Apalagi alas lantai jembatan itu sudah berusia tua.

Kendati sempat ada perbaikan secara swadaya oleh warga setempat beberapa bulan lalu. Namun karena keterbatasan kemampuan warga, tak seluruh lantai jembatan bisa diganti.

Sekedar diketahui, tronton tersebut membawa alat berat untuk pengoralan jalan. Tetapi bukan jalan kabupaten atau proyek yang dibiayai oleh Pemkab. Tetapi proyek pengoralan jalan PT. Alno Pangeran Estate.

Akses jalan poros macet lebih dari 12 jam. Sebab evakuasi truk trotnton itu, baru terlaksana hari berikutnya. Dan baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.30 WIB Rabu (22/5).

“Sesuai tuntutan masyarakat, karena jembatan ini belum lama diperbaiki secara swadaya oleh warga, mereka (PT Alno Pangeran Estate) menyatakan siap mengganti lantai jembatan yang rusak itu,’’ kata Kades.

Namun Dahri berharap, keseriusan Pemkab Mukomuko untuk membangun lantai jembatan tersebut dengan kontruksi beton. Supaya usia pakai jembatan akan lebih kuat.

‘’Kami minta keseriusan Pemkab untuk peningkatan lantai jambatan dengan kontruksi beton. Ini agar tidak terjadi lagi musibah seperti ini (tronton- red),” demikian Dahri.(hue)

Berita Lainnya

Pemerintah Kabupaten Pilih Tambahan Penghasilan Pegawai

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko memilih tetap menerapkan pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) tahun 2020 mendatang. ...

error: Content is protected !!