Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Uang Purnabakti DPRD Rp 240,6 Juta

Uang Purnabakti DPRD Rp 240,6 Juta

PURNABAKTI: Sebanyak 25 anggota DPRD Mukomuko periode 2014-2019 akan mendapat uang purnabakti.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO –Sebanyak 25 anggota DPRD Mukomuko masa bakti 2014-2019, bakal mendapat uang purnabakti. Sekretariat DPRD Mukomuko, sudah menyiapkan dana Rp 240,6 juta untuk membayar uang pensiun.

“Meski dia kembali terpilih menjadi anggota DPRD periode berikutnya tetap diberi uang purnabakti, karena terhitung masa baktinya lima tahun,” ujar Sekwan DPRD Mukomuko Drs. H Bustari Maler, M.Hum.

Besaran yang diterima masing-masing anggota DPRD bervariasi. Karena disesuaikan dengan masa bakti dan jabatannya di DPRD Mukomuko. Banyaknya uang purnabakti yang diterima para anggota dewan ini, disesuaikan dari uang refresentasi yang diterima setiap bulannya.

Untuk Ketua DPRD Mukomuko bakal mendapat sekitar Rp 12,6 juta. Dengan hitungan, uang refresentasi perbulannya sekitar Rp 2,1 juta dengan dikalikan enam bulan. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017, tentang Hak pimpinan dan anggota DPRD.

‘’Karena Ketua DPRD ini menjabatnya selama lima tahun. Maka dikalikan enam bulan. Berbeda kalau dia tidak sampai lima tahun. Maka lain lagi hitungannya,” jelas Bustari.

Sedangkan untuk wakil ketua DPRD Mukomuko, bakal terima uang purnabakti sekitar Rp 10 juta lebih. Dengan hitungan besaran uang refresentasinya 80 persen dari uang refresentasi Ketua DPRD. Jadi

sekitar Rp 1,68 juta dikalikan enam bulan.

Untuk anggota DPRD diperkirakan akan mendapatkan uang purnabakti Rp 9,45 juta. Hitungannya, uang refresentasinya 75 persen dari uang refresentasi ketua DPRD. Artinya sekitar Rp 1,57 juta  dikali enam bulan.

Lebih lanjut dijelaskan Sekwan didampingi Kabag Keuangan Setwan, Syafriadi, SH, berdasarkan dari PP dan Peraturan Daerah (Perda) No 9 Tahun 2017, anggota dewan yang menjabat sampai lima tahun, diberikan uang purnabakti sebanyak enam bulan uang refresentasi.

Sedangkan yang bertugas hanya setahun, ia hanya menerima uang purnabaktinya selama 1 bulan uang refresentasi. Lalu untuk para anggota DPRD yang bertugasnya hanya sekitar empat tahun, maka uang purnabakti dibayarkan sebesar yang refresentasi selama empat bulan. Uang itu nanti akan dibayar pada Agustus 2019.

‘’Semua akan diberikan, termasuk yang sudah PAW. Anggarannya sudah tersedia pada APBD Murni Tahun Anggaran 2019. Akan dibayar ketika akan berakhir masa jabatan,” demikian Bustari.(hue)

Berita Lainnya

176 Jamaah Haji Mukomuko Tiba Pukul 9 Malam

MUKOMUKO – Sebanyak 176 jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB ...

error: Content is protected !!