Senin , 16 September 2019
Home / Berita utama / ASN Pemda Provinsi Mulai Terima THR

ASN Pemda Provinsi Mulai Terima THR

Noni Yuliesti

BENGKULU –Penyaluran Tunjangan  Hari Raya (THR) bagi ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu sesuai target, hari ini (24/5). Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pemberian THR sudah selesai dibahas di di Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mulai hari ini, ASN sudah bisa mengecek THR masuk di rekeningnya masing-masing.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Bengkulu Hj. Noni Yuliesti. mengatakan pergub sebagai payung hukum pemberian THR bagi ASN di lingkungan Pemprov sudah ada. Mulai hari ini dan sesuai target awal pihaknya, THR untuk ASN mulai akan disalurkan langsung ke rekening masing-masing ASN. “Insya Allah mulai besok (hari ini, red) bisa dibayarkan,” kata Noni.

Lebih lanjut ia menerangkan penyaluran akan dilakukan secara bertahap bukan seluruhnya sudah harus dibayarkan besok. Akan tetapi ditargetkan penyaluran tuntas sebelum libur cuti bersama lebaran dimulai. Untuk pembayaran THR bagi honorer di lingkungan Pemprov Bengkulu diserahkan langsung ke OPD masing-masing.

Tujuan pemberian THR untuk membantu ASN maupun honorer mencukupi kebutuhan dalam menghadapi lebaran. Sehingga penyaluran THR harus tuntas sebelum lebaran.  “Bertahap ya, bukan seluruhnya harus dibayar besok. Secepatnya kita proses semua,” jelasnya.

Kepala Biro Hukum Setdaprov Supran, MH membenarkan Pergub THR yang menjadi pedoman atau payung hukum bagi Pemprov Bengkulu untuk menyalurkan THR bagi ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu, sudah selesai dibahas. Dengan kata lain, penyaluran THR bagi ASN sudah bisa dimulai.

Berdasarkan Pasal 10 ayat 2 PP Nomor 36 tahun 2019 tentang Pemberian THR bagi PNS, Prajurit TNI, Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiunan dan Penerima Tunjangan, bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian THR yang bersumber dari APBD diatur dengan Peraturan Kepala Daerah (perkada).

“Awalnya pemberian THR harus diatur melalui Perda. Akan tetapi dengan revisi Peraturan Pemerintah (PP) terbaru cukup diatur dengan perkada saja,” demikian Supran. (key)

Berita Lainnya

Mess Karyawan Perusahaan Batu Bara Terbakar

BENTENG – Mess karyawan PT Kusuma Raya Utama yang bergerak dibidang pertambangan batu bara (KRU) ...

error: Content is protected !!