Senin , 19 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kontainer Disiagakan di Area Objek Wisata

Kontainer Disiagakan di Area Objek Wisata

MUKOMUKO – Menghadapi jelang libur lebaran, tempat wisata paling disorot. Terutama kebersihannya. Tempat wisata yang bakal ramai dikunjungi masyarakat, dipastikan akan dipenuhi sampah-sampah bekas pembungkus makanan.

Untuk mengantisipasi itu, sejumlah container sampah akan disiagakan di lokasi-lokasi wisata. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko akan siapkan kontainer sampah. Ini dikatakan Kabid Persampahan DLH Mukomuko, Darmadi.

“Sudah dipastikan, produksi sampah selama lebaran akan meningkat. Terkhususnya di tempat wisata. Oleh karenanya, setiap lokas wisata, rencananya disiapkan satu container sampai,” kata Darmadi.

Dalam pantauan pihaknya, setidaknya ada dua lokasi objek wisata yang bakal dipadati pengunjung. Yakni lokasi wisata Danau Nibung di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko dan Pantai Pandan Wangi di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko.

“Karena jarak dan keterbatasan ketersediaan kontainer sampah, maka dua tempat ini dulu yang jadi perhatian kita. Jika memang memungkinkan, baru kita sebar juga di tempat wisata lain di luar Kota Mukomuko,” jelas Darmadi.

Khusus selama bulan Ramadan, hingga kemarin, diungkap Darmadi, jumlah sampah meningkat dibandingkan diluar bulan Ramadan. Rata-rata ditaksir sampah mencapai 3 ton.

DLH Mukomuko memastikan akan memantau dan menjaga keindahan pusat ibukota kabupaten dari tumpukan sampah. Terutama untuk lokasi pasar. Dengan kondisi yang ada, aktivitas pembersihan dna pembuangan sampah lebih meningkat dari bulan biasanya.

“Peningkatan sampah tidak hanya terjadi di pasar. Tapi juga di pasar-pasar kaget. Tapi tidak jadi masalah, karena tim dan tempat sampah telah diperbanyak. Mobil sampah juga selalu operasi. Ketika sampah sudah menumpuk, langsung diangkat dan langsung dibawa ke tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Masyarakat diminta tertib membuang sampah ke dalam kontainer sampah yang sudah disediakan. Agar lebih mudah DLH Mukomuko melakukan pembersihan dan pembuangan. Termasuk imbauan tersebut berlaku bagi pengunjung tempat wisata.

“Kami juga mengimbau pada penunjung untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sangat berharap agar ada kesadaran dari pihak pedagang dan pengunjung, untuk mengumpulkan sampah bekas makanan dan minuman. Kemudian membuangnya ke dalam kontainer yang sudah disediakan,” demikian Darmadi.(hue)

Berita Lainnya

Kembangkan Potensi Generasi Muda

MUKOMUKO – Peringatan Ulang Tahun RI ke-74 perlu dimaknai lebih oleh generasi muda Kabupaten Mukomuko. ...

error: Content is protected !!