Jumat , 13 Desember 2019
Home / Metropolis / OPD Lelet, THR Macet

OPD Lelet, THR Macet

BENGKULU – Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu tidak serentak. Bahkan bakal banyak organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum bisa mencairkan, jelang cuti Hari Raya Idul Fitri nanti. Sebab baru tiga OPD yang mengajukan surat permintaan membayar (SPM) THR, sejak Jumat (24/5) lalu.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota, Ir. Arif Gunadi mengakui, meski kebijakan pencairan THR diterbitkan sejak Jumat (24/5) lalu memang baru ada tiga OPD yang mengajukan. Namun ia berharap Senin (27/5) hari ini seluruh OPD sudah mengajukan pencairan.

“Kalau di BPKAD tidak ada masalah, dan anggarannya sudah siap sekitar Rp 24 miliar lebih untuk ASN lingkup pemkot dan termasuk guru SD dan SMP. Tapi sampai Jumat kemarin, baru sekitar tiga OPD yang mengajukan. Untuk itu kami minta OPD segera cepat menyampaikan SPM. Agar sebelum lebaran THR bisa dibayarkan,’’ terang Arif.

Menurut Arif, pihaknya menargetkan mulai hari ini, Senin (27/5) pencairan THR seluruh OPD bisa dilakukan serentak. Sehingga sebelum lebaran seluruh ASN pemkot bisa menikmati THR tersebut. “Jadi tergantung masing-masing bendahara OPD yang mengajukan kelengkapan administrasinya. Harapan kita besok (hari ini) semua OPD bisa cepat dikeluarkan SP2D (surat perintah pencairan dana),” ujar Arif.

Sedangkan untuk THR honorer belum ada regulasinya. Sehingga ribuan honorer tidak diberikan THR dari dana APBD kota tersebut. “Kalau THR honorer ada di masing-masing OPD berupa paketan yang akan dipersiapkan dari tiap OPD itu sendiri,” tuturnya.

Selain itu mengingat cuti bersama mulai 30 Mei mendatang hingga 9 Juni, gaji ASN Pemkot tetap akan dibayar 1 Juni mendatang. “Kalau gaji ASN tetap dibayarkan tanggal 1 Juni. Sebab insya Allah Bank Bengkulu pada hari itu mereka masih masuk untuk mencairkan gaji PNS,” tambahnya.

Untuk gaji 13, Arif mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Jadi setelah SE turun baru nanti bisa cepat diproses dan kita umumkan langsung kepada pegawai terkait mekanismenya,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Sikap Muslim Menghadapi Tahun Baru Miladiyah

MAHA bijaksana Allah SWT yang telah mengatur perputaran Roda Masa, tanpa terasa zaman berputar waktu beredar ...

error: Content is protected !!