Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tambatan Perahu Nelayan Dangkal

Tambatan Perahu Nelayan Dangkal

LAMA: Lokasi penambatan perahu nelayan pasar Bawah yang lama akan dipindahkan ke lokasi baru belakang masjid al manar. (foto: rio/rb)

PASAR MANNA – Selain rawan dengan musibah banjir dan dangkal, lokasi tambatan perahu para nelayan Pantai Pasar Bawah, dipastikan akan dipindahkan. Kini Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Bengkulu Selatan (BS) tengah mengerjakan lokasi baru.

Pasca musibah banjir pada 26 April lalu, puluhan perahu nelayan Pantai Pasar Bawah ikut rusak dan terbawa banjir dari luapan sungai Air Manna yang meluap. Akibatnya pulahan nelayan merugi.

Menyikapi masalah ini Dinas DKP langsung tanggap yang memindahkan lokasi tambatan perahu nelayan belakang Masjid Al-Mmanar tidak jauh dari lokasi penambatan perahu yang lama.

‘’Kini pengerukan sedang dilakukan supaya lokasi penambatan perahu bisa lebih dalam dan tak mudah dangkal. Intinya tidak mudah banjir saat sungai Air Manna meluap,’’ uajr Kepala DKP BS Novianto, M.Si.

Selain itu juga pintu muara sungai Air Manna dan pantai, juga dikeruk. Dengan tujuan nelayan bisa langsung menuju TPI Pasar Bawah. Saat ini lebih satu hektare lokasi yang telah dikeruk.

‘’Nantinya para nelayan akan lebih mudah setelah perahu masuk ke arah TPI segera langsung parkir perahu di lokasi baru belakang Masjid Al-Manar,” ujar Novianto.

Salah satu warga Pasar Bawah Tomy (46) menyambut baik respon dari pemerintah yang bangun tambatan perahu yang baru. Karena selama ini para nelayan sering cemas kalau hujan deras. Pasalnya, lokasi tambatab perahu yang lama rawan banjir.

‘’Tapi kami ingin pemerintah tetap memperhatikan lokasi yang baru. Yang pasti, pendangkalan masih akan terjadi dan pemerintah harus gali lagi bila terjadi pedangkalan,” demikian Novianti.(tek)

Berita Lainnya

Pengaruh Miras, Warga Talang Berangin Nekat Curi Truk

KOTA MANNA-  Akibat pengaruh minuman keras, Frengky (19) warga Desa Talang Berangin, Kota Manna, nekat ...

error: Content is protected !!