Jumat , 13 Desember 2019
Home / Berita utama / Kota Bengkulu Raih Nilai Unas Tertinggi

Kota Bengkulu Raih Nilai Unas Tertinggi

PENYERAHAN: Sekdis Dikbud Provinsi Bengkulu Putera Rahman saat menyerahkan hasil Unas tingkat SMP/MTs/SMPT secara simbolis kepada dinas dikbud kabupaten/kota, Senin (27/5). (foto : yunike/rb)

BENGKULU – Kota Bengkulu kembali meraih nilai tertinggi untuk Ujian Nasional (Unas) tingkat SMP/MTs/SMPT. Total rata-rata nilai Unas di Kota Bengkulu 208,03. Menyusul Kabupaten Rejang Lebong dengan total nilai 189,91, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) rata-rata 188,28. Total nilai rata-rata Provinsi Bengkulu 188.94. (Selengkapnya lihat grafis).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Putera Rahman mengatakan rata-rata nilai hasil Unas tingkat SMP/MTs/SMPT di Provinsi Bengkulu naik dari tahun sebelumnya. Kenaikan rata-rata nilai empat mata pelajaran yang diujikan dari 183,62 menjadi 186,49 atau naik 2,87. Meskipun untuk dua mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mengalami penurunan, yaitu untuk Bahasa Indonesia dari 62,13 menjadi 61,22 dan Bahasa Inggris turun dari 43,67 ke 43,44.

Sementara dua mata pelajaran lainnya, yaitu Matematika naik menjadi 39,31 dari tahun lalu sebesar 35,88. Sedangkan IPA naik 2,87 dari tahun lalu rata-rata 183,62 naik menjadi 186,49. “Alhamdullillah membaik dari tahun lalu. Walaupun ada mata pelajaran turun, tapi ada juga yang naik. Juga untuk di Bengkulu tidak ditemukan kecurangan,” kata Putera.

Hasil UN ini, sambung Putera, harus menjadi perhatian bersama untuk bahan evaluasi kedepan. Untuk nilai mata pelajaran yang turun tahun depan harus diperbaiki dengan peningkatan nilai, sementara yang sudah naik agar bisa dipertahankan dan lebih baik lagi. Begitu juga untuk pengawasan dievaluasi kembali. Meskipun tahun ini tidak ditemukan kecurangan, tapi bisa menjadi motivasi agar pengawasan bisa diperketat lagi.

“Pengumuman kelulusan tanggal 29 Mei, kita minta tolong disampaikan kepada murid, wali murid jangan ada coret-coret. Lebih baik seragamnya disumbangkan,” imbuh Putera.

Ditambahkan Ketua Unas Provinsi Bengkulu R Wahyu DP kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah masing-masing. Berdasarkan hasil rapat dewan guru, kelakuan siswa di sekolah dan mengikuti UN. Dijadwalkan pengumuman akan dilaksanakan serentak Rabu (29/5) di sekolah masing-masing.

“Untuk rata-rata nilai tertinggi Unas tingkat SMP/MTs itu masih Kota Bengkulu yang megang. Kalau persekolahnya masih kita rekap. Kalau Paket B Kabupaten Bengkulu Selatan,” ujar Wahyu.

Sementara itu, menurut Wahyu, pada hasil Unas tingkat SMP/MTs/SMPT tahun ini kembali ada siswa yang meraih nilai sempurna “100”. Jumlahnya menurun dari tahun sebelumnya, yaitu ada 12 siswa. Terdiri dari 1 siswa meraih nilai 100 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 11 lagi nilai sempurna untuk matematika. Sementara tahun ini ada 10 peserta mendapat nilai sempurna, yaitu 9 orang berhasil meraih nilai 100 untuk mata pelajaran matematika dan 1 orang mata pelajaran IPA. “Nama-namanya belum selesai kita rekapitulasi, besok yah,” pungkasnya. (key)

Berita Lainnya

Pendaftaran Sekdaprov Bisa Diperpanjang

BENGKULU – Pendaftaran seleksi terbuka sekdaprov hari ini ditutup. Bila hingga sore ini jumlah pelamar ...

error: Content is protected !!