Senin , 16 Desember 2019
Home / Metropolis / 179 Puskesmas dan 23 Rumah Sakit Siaga Selama Lebaran

179 Puskesmas dan 23 Rumah Sakit Siaga Selama Lebaran

BENGKULU– Sebanyak 179 Puskesmas dan 23 rumah Sakit di Provinsi Bengkulu diminta bersiaga melayani pemudik selama 24 jam pada lebaran Idul Fitri tahun ini. Selain itu, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat harus tetap berjalan maksimal terutama menangani hal darurat.  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H Herwan Antoni SKM, M.Kes melalui Kepala Bidang Pelayanan, drg Edriwan Mansyur, MM menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait seperti kepolisian dan Dishub serta lainnya untuk bergerak memberikan pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik lebaran.

Fasilitas kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit siap melayani masyarakat selama libur lebaran dengan standar pelayanan tetap dipantau. Dimana dari 179 puskesmas tersebut 143 diantaranya sudah terakreditasi. Untuk pelayanan di rumah sakit disesuaikan dengan standar yang mana dokter spesialis tetap berjaga juga.

“Regulasinya akan diatur, tidak semuanya mudik dan tidak semuanya standby, jadi intinya pelayanan akan diberikan kepada masyarakat secara jelas dan sesuai dengan standar,”ujarnya.

Ia menambahkan, tak hanya fasilitas kesehatan saja yang berjaga tetapi posko-posko juga didirikan di jalur mudik. Posko yang akan dibangun di 64 titik di  dengan kriteria jaraknya tergantung kerawanan lokasi tersebut. 64 posko tersebut akan disebar di titik-titik jalur mudik yang dianggap perlu pembangunan posko. Posko ini masih bisa dibuka kembali apabila memang dibutuhkan ditempat-tempat baru yang dinilai rawan.

Tujuan pembentukan posko adalah untuk pemeriksaan kesehatan terhadap pengendara yang sedang mudik. Baik pengendara kendaraan pribadi maupun supir angkutan umum. Hal itu dikarenakan biasanya kecelakaan terjadi karena adanya faktor human error.

“Posko ini juga sebagai tempat istirahat maupun tempat pemeriksaan kesehatan sebagai antisipasi jangan sampai ada kecelakaan yang terjadi karena faktor human error,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawati, M.Kes menjelaskan juga akan membangun posko induk di Kota Bengkulu yakni di Simpang Lima Ratu Samban, Pantai Jakat, Bandara, serta di belakang Bencoolen Mall. Posko ini sebagai tempat peritirahat bagi masyarakat.(cw1)

Berita Lainnya

Tersedot Anggaran Pilkada, Rehab Kantor Gubernur Rp 12 Miliar dan Gedung Web Rp 50 Miliar Batal

BENGKULU–  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu dalam usulan di APBD 2020 ...

error: Content is protected !!