Senin , 18 November 2019
Home / Berita utama / Rusli Yakub Vs Muslihan, Menguat sebagai Kandidat Cawagub

Rusli Yakub Vs Muslihan, Menguat sebagai Kandidat Cawagub

Rusli Yakub

BENGKULU – Peta bursa Pilwagub semakin mengerucut. Informasi terbaru sudah ada dua nama yang segera diusulkan ke Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA. Keduanya, Ketua DPD NasDem Kabupaten Seluma Rusli Yakub dan Ketua DPD Hanura Provinsi Bengkulu, Muslihan Ds.  Informasi ini diperoleh dari internal partai pengusung. “Setelah lebaran surat sudah disampaikan kepada Gubernur,” kata sumber RB ini.

Menurutnya pengusulan cawagub ke gubernur sudah disiapkan. Bahkan versinya sudah diteken oleh tiga ketua dan sekretaris parpol pengusung. Dari surat yang diperoleh RB, adapun nama yang tercantum sudah dibubuhi tanda tangan di atasnya yakni, Ketua DPW PKB Provinsi Herliardo, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Muslihan DS dan Ketua DPP PKPI Provinsi Hermedi Rian.  “Ya kalau lihat surat itu tinggal ditandatangani ketua dan sekretaris DPW Partai NasDem,” bebernya.

Dia menuturkan, salah satu alasan parpol mendorong Rusli, karena dianggap sudah lama di birokasi sehingga cocok mendampingi gubernur. Termasuk Muslihan, sudah pernah menjabat sebagai bupati Rejang Lebong dan Bengkulu Utara.

Saat dikonfirmasi Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu Usin Abdisyahputra Sembiring, ada dua format surat usulan disiapkan sesuai kesepakatan parpol pengusung Hanura, PKB, PKPI dan Nasdem dari hasil pertemuan belum lama ini. Yaitu format surat yang mengusulkan nama Muslihan DS dari Hanura bersama Rusli Yakub dari Nasdem, dan surat kedua yang berisikan nama Muslihan DS dan Dedi Ermansyah juga merupakan kader Nasdem.

Mengingat belum ada keputusan dari Partai Nasdem, maka surat usulan dengan kop surat keputusan pimpinan gabungan partai politik tentang persetujuan wakil gubernur, yang disiapkan parpol pengusung baru ditandatangani ketua dan sekretaris dari 3 parpol pengusung, yaitu DPW PKB, DPD Hanura, dan DPP PKPI.

“Kita siapkan dua format surat pengajuan, karena dari Nasdem mengusulkan 2 nama yaitu atas nama Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah,” kata Usin.

Usin menerangkan, dari Nasdem sendiri masih harus mendapatkan persetujuan dari DPP Nasdem siapa yang akan diusung oleh Nasdem. Diperkirakan usai lebaran, nama yang sudah disepakati oleh parpol pengusung akan disampaikan kepada gubernur dan DPRD Provinsi Bengkulu untuk ditindaklanjuti ke tahapan selanjutnya, yaitu pemilihan wagub oleh DPRD Provinsi Bengkulu.

“Semuanya sudah bersepakat tinggal menunggu dari Nasdem. Mudah-mudahan usai lebaran, sudah bisa kita sampaikan kepada gubernur,” jelasnya.

Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu Herliardo membenarkan sudah ada kesepakatan awal, untuk dua cawagub nantinya merupakan kader Partai Hanura dan Nasem. Mengingat dari Nasdem mengusulkan dua nama, maka parpol pengusung juga menyiapkan dua format surat keputusan pimpinan gabungan partai politik tentang persetujuan wakil gubernur yang disiapkan parpol pengusung.

Sehingga cepat atau lambatnya pengajuan nama cawagub ke gubernur tergantung partai Nasdem. “Benar ada 2 format surat kita siapkan karena dari nasdem ada 2 nama. Kita menunggu keputusan dari partai Nasdem, Rusli atau Dedi,” bebernya.

Terpisah Ketua DPP PKPI Hermedi Rian mengaku nama cawagub yang bakal diusulkan masih terkesan tarik ulur. Meskipun sejauh ini sudah ada 2 format surat pengajuan nama cawagub disiapkan, namun menurutnya itu belum lah final. Surat yang ada belum bisa dijadikan pedoman dan acuan karena belum ada cap basah sehingga belumla sah. Dirinya berharap agar pengajuan nama cawagub ini bisa segera dituntaskan.

“Kita sabar menunggu dari Nasdem siapa yang mereka sepakti sesama Nasdem, baru akan ada pertemuan kembali. Itu juga masih belum final karena masih saja tarik ulur bisa saja berubah setelah lebaran ini,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu Ferry Ramli sebelumnya pernah menyampaikan dari Nasdem mengusung 2 nama, yaitu Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah untuk disulkan sebagai cawagub dari Nasdem. Namun untuk kepastian dari 2 nama ini, pihaknya masih menunggu petunjuk dari DPP Nasdem. (key)

Berita Lainnya

Tersandung Kasus Sabu, ASN Pemkab Kepahiang Diciduk Polda Beserta Bidan Honor dan Pengajar Bahasa

BENGKULU– Direktorat Narkoba Polda Bengkulu menciduk tiga perempuan Minggu (17/11) sekitar pukul 23.45 WIB. Ketiganya ...

error: Content is protected !!