Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Harga Cabai Tembus Rp 100 Ribu

Harga Cabai Tembus Rp 100 Ribu

BENTENG – Pascalebaran, kebutuhan pokok mulai terlihat naik tajam. Seperti cabai di pasar-pasar tradisional Bengkulu Tengah (Benteng) harga jual eceran sudah menembus angka Rp 100 ribu per kilogram. Hal ini wajar, karena pascalebaran kebutuhan pokok masih terlihat langka di pasaran. Pasokan pedagang masih terlihat minim.

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) & Usaha Kecil Menengah (UKM) Benteng, Sri Yurdaniah, SE, M.Si saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa hal tersebut sudah diketahui pihaknya. Namun, saat ini belum bisa dilakukan upaya-upaya untuk meredam kenaikan harga yang melambung tinggi, bahkan sampai 150 persen dibanding saat sebelum Lebaran. “Kenaikan dipicu karena penjual juga masih sepi,” terangnya, kemarin (9/6).

Sementara, untuk kebutuhan konsumen tidak ada sepinya. Bahkan, pascalebaran ini stok kebutuhan pokok pasti minim bahkan habis. Hal inilah yang dimanfaatkan pedagang yang memiliki stok barang menaikkan harga di luar pantauan pihak pemerintah.

Namun, Sri memastikan, akan memantau langsung ke beberapa pasar di Benteng mulai hari ini (10/6), saat jam kerja pemerintah. Khususnya di Pemkab Benteng mulai berlaku pascalibur Lebaran. Selain itu, Disperindagkop & UKM Benteng akan berupaya berkoordinasi dengan Bulog juga untuk memastikan kenaikan harga tersebut bisa dipantau dan juga diharapkan bisa diturunkan.

Meskipun pedagang langka, namun Disperindagkop & UKM Benteng memastikan akan melakukan pemantauan sampai dengan harga turun dan dinilai tidak memberatkan konsumen. “Pemantauan akan langsung di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Benteng,” demikian Sri. (vla)

Berita Lainnya

Pelantikan 46 Kepala Desa

BENTENG – Pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih dari 46 desa yang melaksanakan pemilihan serentak pada ...

error: Content is protected !!