Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Metropolis / Bulan Ini, Blangko E-KTP Tersedia

Bulan Ini, Blangko E-KTP Tersedia

SUKET: Warga mengurus pembuatan surat keterangan di Disdukcapil Kota Bengkulu sebagai e-KTP sementara karena blangko e-KTP masih kosong, Senin (10/6). (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Sejak April lalu, stok blangko KTP Elektronik (e-KTP) di Kota Bengkulu habis. Untuk sementara masyarakat yang akan mencetak e-KTP dibuatkan surat keterangan (suket). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu mendapat kabar dari pusat bahwa blangko e-KTP akan segera tersedia dalam waktu dekat ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Dinas Dukcapil Kota, Nofri Andriyanto mengatakan pihaknya mendapatkan kabar dari pusat bahwa blangko e-KTP segera tersedia. Dinas Dukcapil akan mengupayakan blangko tersebut segera tiba di Kota Bengkulu untuk melayani masyarakat dalam pembuatan e-KTP. Nantinya diperkiraan sebanyak 2.000 blangko e-KTP akan masuk.

Nofri memastikan walaupun tidak ada blangko e-KTP, Disdukcapil tetap melakukan pelayanan seperti biasa dengan menerbitkan suket sebagai e-KTP sementara. Sedangkan untuk pencetakan lainnya seperti akta kelahiran, Kartu Keluarga(KK) dan Kartu Identitas Anak(KIA) tetap berjalan normal. “Dipastikan bulan ini sudah masuk blangkonya, minggu depan kami berangkat ke pusat untuk mengurus masalah blangko ini,” terangnya.

Ia menambahkan, dari Januari hingga kemarin (10/6) sudah ada sebanyak 1.387 penerbitan suket. Setelah blangko tersedia, masyarakat yang sudah memiliki suket dapat langsung menukarkan dengan pencetakan ulang e-KTP.  Masyarakat yang memiliki suket didahulukan untuk segera dicetakkan e-KTP.

Menurutnya, untuk per harinya Disdukcapil hanya bisa melayani 100 masyarakat saja karena keterbatasan alat yang hanya 1 unit. Untuk itu ia berharap ke depannya kebutuhan alat penunjang lainnya untuk pencetakan e-KTP dapat bertambah. Hal itu bertujuan untuk meningatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. ‘Jika blangkonya sudah masuk, masyarakat yang memiliki suket dapat langsung menukarkannya menjadi e-KTP, kita mendahulukan yang memiliki suket terlebih dahulu,” tutupnya.(cw1)

Berita Lainnya

Dewan Minta Walikota Evaluasi TP2KB  

BENGKULU– Adanya Tim Perencanaan Pembangunan Kota Bengkulu (TP2KB) yang dibentuk oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, …