Selasa , 18 Juni 2019
Home / Pemilu / Golkar Tunggu Eksekusi KPU

Golkar Tunggu Eksekusi KPU

BENGKULU – Sudah hampir 2 minggu sejak putusan Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu belum juga melaksanakan instruksi dari Bawaslu Provinsi Bengkulu untuk membuka C1 plano pada 10 TPS di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Hal itu sebagai penyandingan data milik pelapor Partai Golkar dengan terlapor KPU Provinsi Bengkulu.

“Untuk gugatan di MK kita masih menunggu perkembangan. Sedangkan di Bawaslu, putusan sudah ada tinggal menunggu pelaksanaan dari KPU,” kata Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Gubernur Bengkulu ini berharap KPU dapat segera melaksanakan putusan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Paling tidak pembukaan C1 plano pada TPS yang menjadi lokus keberatan Golkar bisa dilakukan sebelum penetapan caleg DPRD Provinsi Bengkulu terpilih.

Bawaslu menginstruksikan kepada KPU Provinsi Bengkulu untuk menyandingkan data pada 10 TPS meliputi TPS 2 di Desa Air Baus Kecamatan Hulu Palik, TPS 5 Desa Karya Bakti Kecamatan Marga Sakti Sebelat, TPS 1 Desa Lebong Tandai Kecamatan Napal Putih, TPS 8 Desa Sukamakmur Kecamatan Giri Mulya, TPS 1 Desa Rena Jaya Kecamatan Giri Mulya, TPS 5 Desa Rena Jaya Kecamatan Giri Mulya, TPS 3 Desa Air sebayur Kecamatan Pinang Raya, TPS 8 Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya, TPS 2 Desa Pasar Tebat Kecamatan Air Napal, TPS 2 Desa Pasar Kerkap Kecamatan Air Napal.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan pihaknya masih menunggu daftar register dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk kepastian jumlah gugatan Pemilu Legislatif (pileg) di Provinsi Bengkulu. Yaitu, dengan diterbitkannya Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK). Berdasarkan BRPK tersebut, baru diketahui jumlah perkara yang akan disidangkan dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

“Saat ini permohonan-permohonan yang sudah masuk ke MK pada masa pengajuan permohonan beberapa waktu lalu masih dalam proses di MK,” ujar Irwan.

Sementara untuk pelaksanaan putusan pembukaan C1 plano dalam sengketa gugatan administrasi di Bawaslu Provinsi Bengkulu, menurut Irwan, pihaknya juga ingin eksekusi putusan Bawaslu tersebut dapat dilaksanakan secepatnya. Agar segera ada kejelasan dan kepastian atas persoalan yang disengketakan. Hanya saja pihaknya masih menunggu arahan teknis dari KPU RI sesuai mekanisme.

KPU provinsi sendiri setelah keluar putusan langsung menindaklanjutinya dengan berkonsultasi ke KPU RI. Namun, KPU RI belum memberikan jawaban resmi, dan meminta KPU Provinsi untuk menunggu.  “Kami diminta untuk menunggu karena KPU RI akan membahas terlebih dulu dalam rapat pleno dan akan memberikan jawaban secara tertulis kepada KPU Provinsi. Saat ini kami masih menunggu jawaban tersebut,” beber Irwan.(key)

Berita Lainnya

Anggaran KPU Minim

SELUMA – Sidang lanjutan perkara penggelembungan suara yang dilakukan tiga terdakwa anggota Panitia Pemilihan Kecamatan ...

error: Content is protected !!