Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Metropolis / Kepala Daerah Harus Bersinergi

Kepala Daerah Harus Bersinergi

HALAL BIHALAL: Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersalaman dengan Bupati Kaur Gusril Fauzi pada acara halal bihalal di halaman belakang Kantor Gubenur Bengkulu, Senin (10/6). (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengharapkan perlunya sinergi antara kepala daerah yakni gubernur dengan walikota/bupati yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal itu guna menyukseskan pembangunan dan program strategis nasional di Bengkulu.

“Sinergitas, kekompakan, rasa persatuan saya kira momentum Syawal ini merupakan momentum yang tepat agar nilai-nilai itu tertanam dalam diri kita. Sesuai dengan terjemahan kata Syawal, meningkat lebih baik dari kondisi sebelumnya,” kata Rohidin dalam sambutannya dalam halal bihalal Pemprov Bengkulu, Senin (10/6).

Rohidin juga menyampaikan dirinya memerlukan dukungan yang sangat kuat dan membutuhkan komunikasi produktif dengan FKPD, pimpinan instansi vertikal, rektor, terutama para bupati/walikota. Tanpa sinergitas, maka program-program strategis yang saat ini sudah berjalan, bisa terhambat bahkan gagal. Seperti pembangunan jalan tol, penting  sinergitas dengan walikota, Bupati Bengkulu Tengah, Bupati Kepahiang, Bupati Rejang Lebong. Agar pembangunan berjalan lancar. Kemudian perubahan status bandara, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai.

“Saya sebagai gubernur memiliki ketergantungan yang sangat tinggi. Apa yang harus dikomunikasikan dan disinergikan secara produktif, sekarang kita sedang menjalankan program-program strategis,” bebernya.

Di hadapan bupati/walikota dan perwakilannya yang hadir saat acara halal bihalal kemarin, Rohidin juga mengingatkan agar bupati/walikota bisa fokus pada penataan wajah kota di daerah masing-masing. Dengan melakukan penghijauan dan membuat ruang hijau di dalam kota, dan penataan pedagang kaki lima. “Kita belum bermimpi dengan gedung-gedung tinggi, jalan layang tapi coba bupati/walikota konsen ke wajah kota. Agar terlihat perubahan Bengkulu di sisi internal,” saran Rohidin.

Selain itu Rohidin meminta agar bupati/walikota memperbaiki pelayanan dan fasilitas, terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Diantaranya berkaitan dengan perbaikan pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan dan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, serta mempermudah perizinan.

“Melalui halal bihalal ini, seluruh elemen masyarakat berkumpul. Belum terlambat untuk mewujudkan cita-cita gubernur sebelum saya, sebagai bentuk tanggung jawab kita. Saya berharap di 2020 akhir, wujudnya terlihat betul,” harap Rohidin.

Kegiatan acara halal bihalal yang dilaksanakan Pemprov Bengkulu kemarin, diisi dengan tausiyah agama. Tidak hanya dihadiri PNS di lingkungan Pemprov Bengkulu saja, tetapi juga pejabat dari Pemkot Bengkulu dan kabupaten lainnya. Terlihat hadir Bupati Kaur Gusril Fauzi, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi serta unsur FKPD tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.(key)

Berita Lainnya

Dewan Minta Walikota Evaluasi TP2KB  

BENGKULU– Adanya Tim Perencanaan Pembangunan Kota Bengkulu (TP2KB) yang dibentuk oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, …