Senin , 16 September 2019
Home / Probis / Pulau Baai Favorit Jadi Pelabuhan Ekspor

Pulau Baai Favorit Jadi Pelabuhan Ekspor

Dyah Anugrah Kuswardhani

BENGKULU – Realitas menarik terpantau dari kegiatan rutin rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Senin (10/6). Apa itu? Ternyata Pelabuhan Pulau Baai semakin favorit untuk  menjadi pelabuhan asal ekspor dari Provinsi Bengkulu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Dyah Anugerah Kuswardhani, MA didampingi Kabid Statistik Distribusi Budi Hardiono, M, Si, mengatakan dari total ekspor ke luar negeri asal Bengkulu pada bulan April 2019, tercatat sebesar 17, 08 juta Dollar Amerika. Rupanya 62,40 persen atau setara dengan 10,66 juta Dollar Amerika. Ini dikapalkan dari Pelabuhan Pulau Baai yang menjadi kebanggaan Provinsi Bengkulu.  ‘’Ini angkanya belum pernah terjadi untuk  tahun-tahun sebelumnya, ‘’ jelasnya saat memimpin rilis bulanan di kantor BPS, siang Senin (10/6).

Sementara itu, melalui Pelabuhan Teluk Bayur Sumatera Barat mencapai US$ 0,07 juta (0,38%), melalui pelabuhan Sungai Musi/Boom Baru Sumatera Selatan mencapai US$ 5,03 juta (29,42%), melalui pelabuhan Tanjung Priok DKI Jakarta mencapai US$ 1,33 juta (7,79%), dan melalui Kualanamu International Airport Sumatera Utara mencapai US$ 1,42 ribu (0,01%).

Posisi April ini meski data yang dimunculkan terjadi lag, lantaran angka untuk  ekspor bulan Mei belum selesai direkap, tetap menarik untuk  disimak mengingat bulan itu Bengkulu kembali mengekspor cangkang kelapa Sawit selain komoditas utama yakni Batubara. Ada tiga negara besar tujuan ekspor dari Bengkulu yakni, India, Thailand  Amerika Serikat dan negara tujuan ekspor lainnya .

‘’Untuk India, totalnya mencapai 2,25 juta dollar amerika, Thailand 2,24 juta dollar amerika, Amerika Serikat 2,09 juta dollar amerika dan negara ekspor lainnya sebesar 10, 56 juta dollar amerika, ‘’ paparnya.

Menarik dari fakta ini,  tingginya angka ekspor melalui Pulau Baai sebut dia, diprediksi karena semakin meningkatnya volume ekspor. Dengan penilaian jika semua komoditas ekspor yang ada dari Bengkulu itu,  seperti batubara dan cangkang sawit dinilai lebih mudah, cepat efisien serta berbiaya murah jika dilakukan lewat Pulau Baai tentu dikerjakan..

Apalagi dari pantauan sementara lokasi penimbunan sementara (stock file) batubara dari Bengkulu yang ada di Pulau Baai, lokasinya sudah diperluas. ‘’Kita dominan sekali mengekspor ke India, dan Negara India lebih dekat, jika melewati Pulau Baai, tentu, layak dipikirkan  jika kita mau mencari alternatif komoditas lain yang bisa diekspor ke sana, misalnya sperti karet Bengkulu, ‘’ungkapnya.(iks)

Berita Lainnya

Luncurkan New Calya ,Siapkan Hadiah Khusus

BENGKULU – PT. Agung Toyota  akan meluncurkan secara resmi New Calya di main dealer Jalan ...

error: Content is protected !!