Jumat , 28 Februari 2020
Home / Metropolis / Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Susilawati

BENGKULU – Di tengah tuntutan terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama terus dituntut meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu upaya adalah dengan meningkatkan pelayanan puskesmas dari non rawat inap menjadi rawat inap.

Hal itu merupakan program dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu yang menargetkan semua masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Tahun ini akan ada beberapa puskesmas yang statusnya akan ditingkatkan. Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawati, M.Kes  mengatakan nantinya puskesmas perawatan akan ada rawat inapnya dengan mininal 10 tempat tidur. Puskesmas ini akan terus melayani masyarakat selama 24 jam. Hal itu berbeda dari puskesmas biasanya yang hanya aktif melayani saat jam kerja.

“Dalam waktu dekat ini kita akan tinjau puskesmas yang akan menjadi puskesmas rawat inap,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, menurut Susilawati, Dinkes Kota juga menargetkan semua masyarakat di Kota Bengkulu mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Untuk itu, Dinkes akan membuat program guna menjamin pelayanan kesehatan masyarakat secara maksimal. Saat ini sudah ada banyak program pelayanan kesehatan, mulai dari balita hingga lansia. Untuk lansia sendiri ada program prolansia yang ada di semua puskesmas. Untuk masyarakat yang usianya 59 tahun ke atas bisa mendapatkan layanan tes kesehatan dan pengobatan rutin secara gratis di seluruh puskesmas yang ada di Kota Bengkulu. Selain lansia, untuk remaja dari umur 15 tahun juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin per bulannya. Jika bayi diberikan imunisasi, nantinya remaja akan diberikan vitamin untuk menjaga kesehatannya.(cw1)

Berita Lainnya

Sukses Dunia Akhirat

BENGKULU – Menjadi fitrah jika manusia mengharapkan kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupannya, baik pekerjaan, rumah …