Kamis , 27 Juni 2019
Home / Pemilu / 30 Caleg Bengkulu Utara Terpilih Ditetapkan 3 Juli

30 Caleg Bengkulu Utara Terpilih Ditetapkan 3 Juli

ARGA MAKMUR – Meski tidak ada gugatann terkait hasil pleno KPU pada perolehan suara caleg DPRD Bengkulu Utara (BU), namun KPU Bengkulu Utara masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Kontitusi (MK).

Hal ini terkait kepastian apakah ada gugatan dari parpol atau caleg ke MK terkait hasil rekapitulasi perolehan suara dalam pleno KPU sebulan lalu. MK akan mengeluarkan BPRK 1 Juli mendatang dan KPU akan melakukan pleno penetapan caleg terpilih 3 Juli mendatang.

Komisioner KPU Bengkulu Utara , Rama Diandri menuturkan sejauh ini tidak ada informasi dari parpol soal gugatan terkait hasil pleno KPU untuk DPRD Kabupaten. Namun KPU masih menunggu kepastian melalui BRPK tersebut sesuai dengan aturan.      “Nantinya MK mengirimkan BPRK ke KPU sebagai dasar kita untuk melakukan  atau menunda penetapan caleg terpilih setelah putusan MK,” terang Andri.

Jika BPRK tersebut diterima 1 Juli dan tidak ada gugatan untuk DPRD Kabupaten,  KPU akan segera menyiapkan pleno penetapan caleg terpilih DPRD Kabupaten 3 Juli mendatang. “3 Juli kita tetapkan sesuai hasil pleno penghitungan perolehan suara. Jika tidak ada gugatan,” ujarnya.

Hasil pleno perolehan suara di KPU BU sendiri masuk dalam materi gugatan perolehan suara untuk DPRD Provinsi Bengkulu yang dilayangkan Partai Golkar. Gugatan tersebut terkait pemungutan suara di wilayah Kecamatan Hulu Palik, Kerkap dan Air Napal.(qia)

Berita Lainnya

KPU Bersiap Hadapi Sengketa PHPU

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan sengketa Perselisihan ...

error: Content is protected !!