Minggu , 22 September 2019
Home / Metropolis / Festival Bumi Rafflesia, Target 10 Ribu Pengunjung

Festival Bumi Rafflesia, Target 10 Ribu Pengunjung

SPORT CENTRE: Kegiatan Festival Bumi Raflesia akan dipusatkan di Sport Centre Pantai Panjang. (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu tak lama lagi akan menggelar Festival Bumi Rafflesia. Merupakan Event tahunan skala internasional yang telah masuk sebagai salah satu top 100 Wonderful Indonesia. Menjadi ajang bagi daerah untuk menarik investor. Ditargetkan, ada 10.000 ribu pengunjung pada festival yang digelar selama 5 hari ini.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan program kepariwisataan harus memberikan dampak pada penambahan kunjungan wisata ke Bengkulu. Calender Of Event (COE) Program Woderfull Bengkulu harus dipahami oleh jajaran dinas pariwisata baik provinsi maupun kabupaten/kota. Selain Kalender Event yang disusun harus baku, diperlukan juga kesiapan dari masyarakat pelaku pariwisata. Agar pelaksanaan event kalender wisata menuju visit Wonderful Bengkulu 2020 terlaksana dengan baik.

“Kita tidak harus langsung berbicara wisatawan mancanegara, tetapi paling tidak nyaman untuk kabupaten/kota, itulah destinasi wisata yang perlu kita rancang dengan baik,” ujar Rohidin.

Salah satu agenda event tak lama lagi akan digelar, yaitu Festival Bumi Rafflesia. Event ini beranjak dari perjalanan sejarah Provinsi Bengkulu yang unik dan menarik, sebagai mata rantai warisan kekayaan bangsa Indonesia. Ditandai adanya peninggalan sejarah berupa Benteng Marlborough, Makam Sentot Alibasyah, serta Rumah Pengasingan Bung Karno.

Bahkan lebih unik lagi, yang tidak ada di daerah lain, yakni adanya Bunga Rafflesia sebagai salah satu puspa langka Indonesia. Dan seni tradisi serta budaya lokal yang bisa membuat wisatawan tertarik untuk datang ke Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu Provinsi Bengkulu mengenalkan produk Bumi Rafflesia melalui event ini dengan menitik beratkan potensi budaya dan industri kreatif.

Diharapkan menjadi kekuatan berbeda dan bisa meningkatkan daya saing destinasi wisata Bengkulu menuju Visit Wonderful Bengkulu 2020. “Tak lama lagi kita akan menggelar COE Festival Bumi Raflesia. Dipusatkan di Sport Centre Pantai Panjang, pada 18-22 Juli mendatang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan.

Irsan menerangkan, selain menampilkan pameran berbagai produk andalan Bengkulu, potensi daerah dan potensi investasi dengan mengundang berbagai investor, berbagai kegiatan juga direncanakan untuk memeriahkan Festival Bumi Rafflesia. Seperti Festival Kopi Bengkulu, Bencoolen Etnic Carnaval, Bencoolen Dhol Attraction, Bencoolen Art and  Culture Festival, dan Nge Trail Wonderful Bengkulu. “Akan banyak kegiatan dalam Festival Bumi Rafflesia nanti,” jelasnya.

Irsan menambahkan target dan sasaran kegiatan Festival Bumi Rafflesia ini, yaitu menjadi salah satu pusat kegiatan internasional khususnya di bidang Seni, budaya dan ekonomi. Kemudian memperkuat image Provinsi Bengkulu sebagai daerah wisata, seni dan budaya, dan ekonomi kreatif, mendatangkan pengunjung dari kalangan wisatawan domestik dan mancanegara, pebisnis, dan pembeli dari dalam dan luar negeri.

Selain itu menjadi ajang promosi bagi industri pariwisata, para pengusaha /pelaku bisnis /instansi pemerintah, meraih peluang ekspor, dan memperkuat pasar dalam negeri. “Target kita 10.000 pengunjung wisatawan mancanegara dan nusantara selama lima hari penyelenggaraan event,” pungkasnya. (key)

Berita Lainnya

Tak Lunasi PBB, TPP Ditahan

BENGKULU – Hingga saat ini sudah ada 29 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah ...

error: Content is protected !!