Selasa , 18 Juni 2019
Home / Metropolis / Gub Segera Keluarkan SK Penlok

Gub Segera Keluarkan SK Penlok

BENGKULU – Surat Penetapan Lokasi (Penlok) untuk proyek jalan tol trase pertama Kota Bengkulu-Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tak lama lagi dikeluarkan gubernur. Ini setelah konsultasi publik dengan Warga Terdampak Pembangunan (WTP) dan perusahaan yang dilakukan oleh tim persiapan pengadaan lahan, tuntas.

“SK Penlok tak lama lagi akan dikeluarkan. Mungkin dalam minggu-minggu ini setelah semua tahapan tuntas dilaksanakan oleh tim,” ujar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Menurutnya, SK Penlok bisa keluar dengan waktu yang tak lama dikarenakan kerja keras tim persiapan pengadaan lahan. Selain itu adanya sinergi dan kerjasama antara pemprov dengan Pemkot Bengkulu serta Pemkab Benteng. Setelah SK Penlok dikeluarkan maka tahapan selanjutnya, yaitu pembebasan lahan oleh tim. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan fisik jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau trase pertama.

“Saya minta jangan ada lagi transaksi jual beli lahan di kawasan yang akan dilewati pembangunan jalan tol. Kepada walikota/bupati mari bersama-sama mensukseskan program strategis nasional di Bengkulu,” imbuh Rohidin.

Ketua Tim Persiapan Pengadaan Lahan Hamka Sabri menerangkan tujuan konsultasi publik ini untuk mendapat kesepakatan dengan WTP. Bahwa mereka bersedia menyerahkan lahan mereka digunakan untuk pembangunan jalan tol. Untuk konsultasi publik dengan WTP sudah selesai dilaksanakan. Ada sekitar 276 WTP, dan pada saat konsultasi publik lalu warga yang hadir semuanya setuju untuk menyerahkan lahannya guna pembangunan jalan tol trase pertama ini.

Selanjutnya diagendakan Kamis ini (13/11) konsultasi publik dengan 3 perusahaan, yaitu PTPN 7, Agri Andalas dan PLN.  “WTP yang hadir saat konsultasi publik semuanya setuju menyerahkan lahannya untuk pembangunan jalan tol trase pertama ini,” jelas Hamka.

Berdasarkan dokumen perencanaan, pembangunan tol pertama di Bengkulu diawali dari trase Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 km, Simpang Betungan Kota Bengkulu ke Taba Penanjung Kabupaten Benteng membutuhkan luas tanah sekitar 270,98 hektare area (ha). Melalui 1 kota dan 1 kabupaten, 5 kecamatan dan 6 desa 1 kelurahan.

Kecamatan dilewati pembangunan jalan tol ini, yaitu Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dan selebihnya kecamatan berada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Terdiri dari Kecamatan Talang Empat dengan desa yang dilalui yaitu Air Sebakul, Padang Ulak Tanjung, dan Jumat. Kemudian Kecamatan Karang Tinggi dengan desa dilalui yaitu Desa Penanding, Kecamatan Taba Penanjung yaitu Desa Sukarami, dan Kecamatan Semidang Lagan yaitu Desa Lagan.

“Setelah semua tuntas, akan menjadi dasar untuk pembuatan SK Penlok. Insya Allah tidak akan lama lagi, mohon doa dan dukungan dari masyarakat,” demikian Hamka. (key)

Berita Lainnya

Abaikan Hak Pejalan Kaki Bisa Dipenjara 1 Tahun

BENGKULU – Ini peringatan bagi masyarakat yang kerap mengabaikan hak-hak pejalan kaki. Misalnya memanfaatkan trotoar ...

error: Content is protected !!