Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / LHP Diterima Jaksa, Segera Tetapkan Tersangka

LHP Diterima Jaksa, Segera Tetapkan Tersangka

Fatkhuri

ARGA MAKMUR –Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara (BU) segera menetapkan tersangka (tsk) kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Karya Pelita Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MMS) 2017 lalu. Kasus ini sudah diusut sejak akhir tahun lalu oleh penyidik jaksa.

Kajari BU, Fatkhuri, SH, MH menerangkan saat ini jaksa sudah menerima Laporan Hasil Pemeriksan (LHP) penghitungan kerugian negara dari Inspektorat Bengkulu Utara. Informasinya kerugian negara hampir Rp 200 juta dalam pengelolaan DD 2017.

“LHP sudah kita terima dan saat ini prosesnya akan kita lanjutkan kembali. Yang jelas dalam LHP tersebut ditemukan kerugian negara,” kata Fatkhuri.

Saat ini jaksa masih melengkapi berkas terkait hasil kerugian negara tersebut. Setelah itu jaksa akan segera melakukan pemanggilan saksi dan calon tersangka.  Penyidik sudah meningkatkan perkara ini ke penyidikan. “Kita akan panggil lagi saksi-saksi sebelum penetapan tersangka. Termasuk pemanggilan calon tersangka,” terangnya.

Ia belum bisa memastikan apakah nantinya penyidik akan menetapkan satu tersangka atau lebih. Termasuk melakukan penahanan atau tidak. Hal ini kewenangan penyidik sesuai alat bukti yang dimiliki dan untuk mempercepat penyidikan. “Jika memang ada keterlibatan lebih dari satu orang, maka akan ada lebih dari satu tersangka. Namun itu nanti tergantung penyidik karena hak penyidik, termasuk melakukan penahanan atau tidak,” jelas Fatkhuri.(qia)

Berita Lainnya

Guru Ditarget Nilai Kelulusan Tertinggi

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H. Mian memberikan target kepada para guru ...

error: Content is protected !!