Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / OPD Tak Lapor Zakat PNS

OPD Tak Lapor Zakat PNS

Dalmuji Suranto

PELABAI – Kendati Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si sudah menginstruksikan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) muslim membayar zakat, infaq dan sedekah (ZIS), lagi-lagi tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tidak memiliki data akurat jumlah PNS yang sudah menyalurkan kewajibannya berzakat. Tidak terkecuali untuk data zakat fitrah PNS yang terkumpul jelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Minimnya data ZIS PNS karena hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong tidak melaporkan data ZIS PNS ke Bagian Kesejahteraan Sosial (Kessos) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong. ‘’Kami tidak punya data base zakat dari PNS karena hampir seluruh OPD tidak pernah menyampaikan laporan,’’ ujar Penjabat Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto.

Padahal data ZIS PNS sangat penting bagi Pemkab Lebong. Tidak hanya sebatas mengetahui jumlahnya saja, data ZIS sangat berguna bagi Pemkab Lebong dalam memetakan pengentasan kemiskinan. Termasuk dasar bagi Pemkab Lebong dalam melakukan pembinaan terhadap PNS yang belum memenuhi kewajiban membayar ZIS. ‘’Walau Pemkab tidak bisa memaksanakan, setidaknya tugas menyosialisasikan kewajiban muslim yang mampu berzakat telah kami lakukan,’’ terang Dalmuji.

Sementara tahun ini Pemkab Lebong telah menargetkan pengumpulan ZIS dari kalangan PNS senilai Rp 1 miliar lebih. Artinya paling tidak, Pemkab Lebong harus mengumpulkan dana ZIS Rp 100 juta setiap bulan. Target itu dipastikan tidak akan memberatkan PNS. Namun sampai saat ini belum bisa terlaksana karena rencana teknis pemungutan ZIS dengan cara memotong langsung gaji para PNS melalui bendahara OPD belum bisa direalisasikan lantaran terkendala regulasi. (sca)

Berita Lainnya

Belanja 2018, Lebih Bayar Rp 3,3 M

PELABAI – Kendati menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ...

error: Content is protected !!