Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Program Replanting Sukses, Petani Mundur

Program Replanting Sukses, Petani Mundur

Sasman

ARGA MAKMUR – Program penanaman ulang atau replanting kelapa sawit di Bengkulu Utara mendapatkan sorotan dari Kementerian Pertanian karena dinilai sukses. Bahkan Bengkulu Utara mendapatkan luasan lahan terbesar seluas hampir 4 ribu hektare selama tiga tahun lalu.

Namun belakangan, ada 13 petani dari anggota kelompok tani (poktan) yang mengajukan surat pengunduran diri dari penerima lahan tersebut. Hal ini karena program replanting tersebut tengah diterpa isu penyalahgunaan lahan.

Plt Kadis Perkebunan Bengkulu Utara, Sasman, SP menuturkan program tersebut harus terus berjalan meskipun ada yang mundur. Hal ini bukan hanya target dari Kementerian Pertanian melainkan juga akan berdampak baik bagi masyarakat. “Kita menargetkan perkebunan kelapa sawit yang saat ini mendapatkan program replanting lima tahun ke depan, hasil perkebunannya akan jauh lebih baik dan berdampak bagus pada ekonomi warga,” katanya.

Ia juga memastikan tidak ada permasalahan pada program replanting. Sebab program tersebeut langsung dikelola oleh kelompok tani penerima dan digunakan untuk pembelian penebangan kebun yang lama, pembelian bibit, penanaman dan perawatan kebun.

“Mengenai adanya anggota poktan yang mundur, kita juga tengah menjelaskan pada mereka sehingga tidak mundur, karena itu kepentingan mereka sendiri,” terang Sasman.(qia)

Berita Lainnya

Kejar Dana Insentif Daerah

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) kembali menargetkan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) pascamemenuhi ...

error: Content is protected !!