Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Rancang NPHD Masjid

Rancang NPHD Masjid

Hidayatullah Sjahid

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM menampik bahwa pembangunan Masjid Baitul Hikmah (dulunya Masjid Agung, red) dikatakan mangkrak, lantaran tak kunjung selesai. Menurut Bupati, proses pembangunan masjid tersebut terus berjalan, dan saat ini sedang dalam tahapan mempersiapkan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang ke Panitia Pembangunan Masjid yang dibentuk oleh Pemkab Kepahiang.

“NPHD saat ini masih dalam proses penyusunan, guna melakukan pengalihan dari Dinas PUPR ke panitia pembangunan masjid, sesuai dengan rekomendasi dari BPK agar tahun depan kita bisa kembali mendapatkan WTP,” jelas Bupati.

Dijelaskannya, selama ini dana hibah pembangunan Masjid Baitul Hikmah tersebut berada di anggaran Dinas PUPR. Namun saat ini sesuai rekomendasi BPK, dana hibah tersebut dialihkan ke Panitia Pembangunan Masjid. “Kenapa begitu? Karena kalau dengan panitia, tidak dikejar-kejar waktu lagi. Bisa saja melewati tahun kalender, dan tidak mengapa. Kemudian tidak ada sangkutan dari Dinas PUPR dalam audit yang dilakukan BPK nantinya,” bebernya.

Untuk teknis pengelolaannya, sambung Bupati, diserahkan sepenuhnya dengan Panitia Pembangunan Masjid, apakah akan dilakukan swakelola atau dipihakketigakan. “Urusan sepenuhnya nanti oleh Panitia Pembangunan Masjid, jadi Dinas PUPR murni lepas atas setiap tanggung jawab pembangunan tersebut. Biarkan Dinas PUPR fokus ke pembangunan lainnya untuk daerah,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan beberapa konsep pembangunan yang akan dilakukan diantaranya pembangunan Islamic Centre, perpustakaan, taman bermain anak, dan miniatur ka’bah sebagai media melaksanakan manasik haji oleh Kantor Kemenag Kepahiang nantinya.

“Dengan pengalihan pembangunan masjid ini diserahkan kepada Panitia Pembangunan, maka panitia diberikan keleluasaan untuk mencari donator untuk merampungkan pembangunan. Dinas PUPR tidak lagi dibebankan dengan selalu menganggarkan pembangunannya kedepan,” terang Bupati.

Diketahui sebelumnya, Masjid Baitul Hikmah tersebut mulai dilakukan pembangunan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM pada tahun 2016, dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 5 miliar, kemudian tahun 2017 dilanjutkan pembangunan tahap dua kembali menghabiskan dana Rp 5 miliar. Kemudian tahap ketiga tahun 2019 Pemkab Kepahiang mengebut laju pembangunan dengan mengucurkan dana pembangunan sebesar Rp 10 miliar.(sly)

Berita Lainnya

Tiga Organisasi Perangkat Daerah Baru Aktif Awal Tahun

KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, menargetkan awal tahun 2020 mendatang, tiga Organisasi Perangkat Daerah ...

error: Content is protected !!