Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Siamang Sitaan Diserahkan ke BKSDA

Siamang Sitaan Diserahkan ke BKSDA

SIAMANG: Nampak pihak Sat Reskrim menyerahkan siamang ke BKSDA Selasa (11/6).(foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Tim tindak pidana tertentu (Tipiter) Polres Kaur berhasil mengamankan seekor siamang yang berusia sekitar 3 tahun.

Siamang tersebut disita dari Sukamdani (70) warga Desa Pagar Dewa Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur, Senin (10/6) di rumahnya. Siamang adalah hewan dilindungi dan tidak dapat dipelihara tanpa izin.

Siamang itu Selasa (12/6) diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wayhawang. Untuk dilepas kembali ke hutan. Penyerahan siamang ini dilaksanakan langsung oleh Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau kepada Kepala Resor BKSDA Wayhawang, Simanjuntak.

“Untuk pemilik siamang tidak kita tahan dan kita berikan sosialisasi untuk menyerahkan siamangnya. Karena ini hewan dilindungi,” terang Kapolres Kaur AKBP. Arief Hidayat didampingi Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau melalui Kanit Tipiter Aipda Jumidil.

Warga Kaur diminta tidak memelihara hewan yang dilindungi, termasuk  burung Beo. untuk tidak memeliharan hewan yang dilindungi jika tidak ada pidananya.

Siapa saja yang memelihara dan menangkap hewan yang dilindungi akan dikenakan hukuman penjara paling lama lima tahun. Untuk itu warga lebih baik menyerahkan hewan peliharaan yang termasuk dalam kategori hewan dilindungi ke BKSDA.

Terpisah Kepala Resort BKSDA Wayhawang, Simanjuntak mengatakan siamang ini akan langsung dikirim ke Seluma untuk dikarantina. Siamang tersebut akan dipelihara hingga cukup bebas dan bisa dilepas ke habitat asalnya.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa lama siamang ini akan dikarantina. “Untuk hutan lokasi pelepasannya belum dapat kita pastikan. Karena akan kita carikan tempat yang aman,” kata Simanjuntak. (cik)

Berita Lainnya

Usulan Anggaran Pilkada Rp 49 Miliar

KOTA BINTUHAN – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) saat ini tengah menggodok usulan dana pemilihan ...

error: Content is protected !!