Selasa , 18 Juni 2019
Home / Borgol / Tersangka, Mantan Plt Kadiskes Benteng Tak Ditahan

Tersangka, Mantan Plt Kadiskes Benteng Tak Ditahan

Ahmad Tarmizi

BENGKULU – Diam-diam penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Bengkulu sudah memeriksa mantan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), MW. Dia diperiksa penyidik sebagai tersangka kasus operasi tangkap tangan (OTT) pemotongan  dana rutin yang ada di Dinkes Benteng. Baik yang bersumber dari APBD maupun APBN 2018.

Hal ini dibenarkan Direktur Reskrimsus Polda Bengkulu Kombes Pol. Ahmad Tarmizi, SH saat dikonfirmasi, Selasa (11/6) siang. “Ya sudah kita periksa,” kata Ahmad Tarmizi saat ditanya Selasa (11/6).

Setelah pemeriksaan sebagai tersangka, penyidik tidak menahan MW. Penyidik beralasan dan menilai jika MW yang sudah dua kali “mangkir” dari panggilan penyidik tersebut masih kooperatif selama proses penyidikan berlangsung. “Tidak ditahan, yang bersangkutan kooperatif,” tambahnya.

Ahmad Tarmizi melanjutkan, jika saat ini proses penyidikan masih terus berlangsung. Pihaknya juga akan melihat perkembangan proses persidangan untuk terdakwa FG (Fintor Gunanda) yang saat ini masih berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bengkulu. Nanti, tentu dari fakta persidangan tersebut juga akan ditindaklanjutinya. “Sesuai fakta persidangan, akan ditindaklanjuti, apapun alasannya akan kita tindaklanjuti,” ujar Ahmad Tarmizi.

Lalu apakah nanti MW kembali akan dipanggil guna dimintai keterangan? Ahmad Tarmizi mengakui jika hal itu akan tergantung dari proses penyidikan yang masih berlangsung saat ini. Apabila memang keterangan yang bersangkutan masih dibutuhkan maka penyidik akan kembali melakukan pemanggilan dan pemeriksaan. “Lihat hasil penyidikan, kalau kalau dibutuhkan akan kita panggil,” demikian Ahmad Tarmizi.

Sekadar mengulas, penyidik menetapkan MW sebagai tersangka dalam pengembangan tersangka Fintor Gunanda yang menjabat sebagai Bendahara Dinkes Benteng. Dimana diawal perkara, penyidik juga menetapkan Fintor sebagai tersangka karena diduga melakukan pemotongan sebesar 5-10 persen dalam pendistribusian dana kegiatan yang ada di Dinkes Benteng.

Dalam penyidikan dihadapan penyidik, Fintor bernyanyi dengan menyebut berbagai pihak yang terindikasi terlibat. Salah satunya MW yang saat itu selaku atasan Fintor Gunanda. Dalam beberapa kali persidangan Fintor juga sering menyebut jika pemotongan yang dilakukannya atas perintah dari atasannya tersebut. (zie)

Berita Lainnya

Terdakwa OTT Dinkes Cari Keadilan

BENGKULU – Terdakwa perkara operasi tangkap tangan (OTT) pemotongan dana yang dikelola Dinas Kesehatan (Dinkes) ...

error: Content is protected !!