Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Mukomuko / TPA Belum Dialiri Listrik PLN

TPA Belum Dialiri Listrik PLN

MUKOMUKO – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemkab Mukomuko, belum difungsikan maksimal. Padahal, TPA di Desa Selagan Jaya Kecamatan Kota Mukomuko itu, sudah dilengkapi sejumlah peralatan pendukung yang canggih. Semisal timbangan listrik, komputer dan lainnya.

Namun semua sarana pendukung itu tidak bisa digunakan. Karena belum tersedianya listrik dari PLN. Meskipun sudah tersedia mesin genset, namun daya listrik yang dihasilkan mesin tersebut, tidak mampu untuk mengoperasikan semua peralatan yang ada.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko, Suwarto, M.Pd membeberkan, sejumlah peralatan di TPA, membutuhkan aliran listrik untuk mengoperasikannya. Listrik juga dibutuhkan untuk penerangan.

“Sejak TPA itu kita operasikan mulai tahun lalu, hanya ada genset yang kita sediakan di sana. Tapi genset ini tidak bisa untuk mengoperasikan peralatan elektronik yang ada,” sampainya.

Winarto mengatakan, usai dilantik sebagai kepala DLH oleh Bupati Mukomuko di bulan Ramadan lalu. Dirinya sudah melaksanakan peninjauan ke lokasi TPA. Dari pantauan jarak jaringan listrik terdekat dengan lokasi TPA, sejauh 3 kilometer.

“Soal sambungan listrik ke lokasi TPA ini, sudah kita komunikasikan langsung ke PLN. Setelah ini, kami akan menyampaikan usulkan tertulis secara resmi,” target Suwarto.

Saat ini DLH masih menunggu informasi tetang pendanaan pemasangan listrik ke TPA itu, dari PLN. Jika ada biaya yang harus dikeluarkan, akan diupayakan dianggarkan di APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019.

“Kita tunggu dulu draf kebutuhan anggaran biaya dari PLN. Mana yang bisa diakomodir PLN, dan mana yang harus dibebankan dengan kita. Kalau memang harus ada biaya, akan kita coba di APBDP,” kata Suwarto.

Saat ini, petugas kebersihan belum setiap hari membuang sampah ke TPA. Dalam sepekan hanya beberapa hari, sesuai jadwal yang sudah diatur.

“Sampah dari Ipuh, itu diangkut seminggu sekali. Sampah dari Lubuk Pinang, juga sekali dalam seminggu. Jadi belum ada yang setiap hari terkecuali di Kota Mukomuko,” tutup Suwarto. (hue)

Berita Lainnya

Mukomuko Mulai Terasa Hembusan Asap Karhutla

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko khususnya di area Kota Mukomuko udaranya terkontaminasi asap. Asap Ini diduga ...

error: Content is protected !!