Minggu , 23 Februari 2020
Home / Metropolis / Tumpukan Sampah Liar Bikin Warga Resah

Tumpukan Sampah Liar Bikin Warga Resah

MENUMPUK: Sampah liar menumpuk di pinggir jalan Kelurahan Beringin Raya. Kendati sudah diberi papan imbauan larangan buang sampah, namun tetap saja  sampah liar tetap menumpuk. (foto: rahmad saputra/rb)

BENGKULU – Tumpukan sampah liar kembali menumpuk di pinggir jalan lintas yang menghubungkan Jalan Street Bencoolen menuju Jalan Budi Utomo Kelurahan Beringin Raya. Walau sudah dipasang papan imbauan larangan membuang sampah, namun tetap saja masih ada warga yang membuang sampah di lokasi tersebut.

Tumpukan sampah yang semakin banyak itu, mulai menebarkan aroma tak sedap. Alhasil, warga sekitar lokasi pun mengeluhkan keberadaan sampah liar itu. Pantauan RB Selasa (11/6) siang kemarin, tumpukan sampah itu merupakan sampah rumah tangga dan sisa dagangan kelapa muda.

Salah satu warga Kelurahan Beringin Raya, Muryati (44) yang tinggal tak jauh dari lokasi tumpukan sampah mengatakan, sampah yang menumpuk di pinggir jalan tersebut bukan berasal dari sampah warga sekitar. Namun sampah itu dibuang oleh warga luar yang mengendarai sepeda motor saat melintasi di lokasi.

Bahkan saking kesalnya, warga pun sempat beberapa menangkap pengendara yang kepergok membuang sampah di lokasi. “Sampah yang menumpuk tersebut berasal dari penggunan jalan, melintasi jalan sambil buang sampah. Sudah sering kami bersihkan, tapi seminggu kemudian sudah numpuk lagi. Pernah ada yang kita tangkap dan kita suruh membawa sampah nya lagi,” kata Muryati.

Sementara itu, Lurah Beringin Raya, Sidarni, SE mengatakan hampir setiap sebulan sekali pihaknya melakukan gotong royong membersihkan sampah liar tersebut hingga bersih. Namun sayangnya hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah itu, sampah liar pun akan menumpuk lagi.

“Kita sudah sering bergotong royong membersihkan sampah tersebut, sudah 2 kali kita timbun dengan tanah namun hanya bersih sesaat. Sudah kita pasang larangan membuang sampah, namun sampah masih menumpuk. Sudah sering warga melaporkan tentang tumpukan sampah itu yang menyebabkan bau busuk dan juga berapa kali menangkap orang yang membuang sampah di situ. Kita takut nanti timbul keributan,” ujarnya.

Sidarni sangat menyayangkan ulah pelaku pembuang sampah itu. Padahal, tidak jauh dari lokasi tersebut sudah disediakan bak kontainer sampah. “Saya berharap kepada dinas terkait untuk bisa memberi bantuan kontainer sampah yang diletakan di lokasi itu agar sampah bisa di angkut dan tidak menumpuk di pinggir jalan seperti itu,” tutupnya. (cw2)

Berita Lainnya

Satpol PP Targetkan 1 Bulan Untuk Tertibkan Pedagang Pasar Panorama

BENGKULU- Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) mentargetkan waktu 1 bulan untuk menertibkan pedagang Pasar …