Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bebas Stiker Miskin

Bebas Stiker Miskin

MUKOMUKO – Akhirnya rumah warga miskin di Kabupaten Mukomuko untuk tahun ini terbebas dari keharusan ditempeli stiker berisikan rumah miskin. Ini lantaran rencana pemasangan stiker khusus di setiap rumah warga penerima bantuan sosial dari pemerintah, batal.

“Tidak jadi. Selain itu memang tidak ada anggarannya untuk ditahun ini,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mukomuko Saroni, SH.

Pihaknya akan mengedepankan sosialisasi ke setiap penerima bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Beras Sejahtera (Rastra) dan lainnya.

Sosialisasi lebih memfokuskan, meningkatkan kesadaran warga, jika dirinya sudah tidak miskin lagi, harus merelakan bantuan tersebut. Agar bisa dicabut dan dialihkan ke warga lainnya yang lebih layak.

Pasalnya, masih ditemukan adanya warga yang tidak menyadari bahwa sudah tidak layak. Namun tetap memaksa diri sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah. Bahkan bukan lagi kategori warga miskin ataupun warga kurang mampu.

“Kita perbanyak sosialisasi saja tahun ini. Agar warga yang memang sudah tidak layak lagi, bisa menyadari dan iklas melepas bantuan itu,” harapnya.

Diakui Saroni, jumlah warga yang sudah mampu tapi masih menerima bantuan sosial dari pemerintah, tidak banyak. Namun walaupun jumlahnya tak seberapa dibanding penerima yang layak, sangat mengganggu proses penyaluran bantuan sosial pemerintah. Karena itu menjadi pembicaraan dan laporan warga ke Pemkab Mukomuko.

Akibat dari itu semua Pemkab bisa dinilai tidak becus. Padahal, data penerima terkadang bukan sepenuhnya dari Pemkab. Tapi juga dari instansi lain sesuai yang sudah diatur pemerintah.

“Sedikit, tapi bisa buat heboh, karena pasti jadi sorotan. Makanya kita himbau, warga yang sudah kategori mampu, untuk berani menyatakan menolak bantuan tersebut. Sehingga kami juga mudah mengajukan pengalihan ke warga yang lebih layak dibantu pemerintah,” jelas Saroni.

Sebelumnya Pemkab Mukomuko berencana memasang stiker bertuliskan Keluarga Sangat Miskin dan Miskin di rumah penerima bantuan sosial pemerintah. Pemasangan stiker ini bertujuan untuk menyadarkan warga yang tergolong ekonomi mapan.

Selain itu, penempelan stiker juga untuk memperjelas kondisi warga yang dibantu dan juga sanksi sosial bagi yang sudah tidak layak menerima bantuan.(hue)

Berita Lainnya

35 OPD Rapor Biru

MUKOMUKO – Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) merilis realisasi serapan anggaran masing-masing Organisasi ...

error: Content is protected !!