Kamis , 21 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / DD dan ADD 29 Desa Terkendala APBDes

DD dan ADD 29 Desa Terkendala APBDes

Ade Crishtian

BENTENG – Sebanyak 29 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang belum menerima penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) diminta secepatnya menyelesaikan APBDes. Dokumen tersebut harus diterima Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng selaku OPD yang akan menangani penyaluran DD/ADD.

“Sebelum lebaran lalu, baru sebanyak 113 desa sudah menyampaikan APBDes untuk syarat pencairan,” terang Kabid Anggaran BKD Benteng,

S.STP.

Dijelaskannya, tanpa adanya APBDes, maka DD/ADD belum bisa diterima pihak desa. Untuk itu, diharapkan kepada desa yang belum menyelesaikan syarat tersebut untuk segera merampungkan APBDes masing-masing desa supaya bisa diproses pencairan DD/ADD tahap I.

Mengenai besaran anggaran pencairan keuangan desa tersebut, tetap mengacu pada aturan yakni sebanyak 3 kali dengan besaran persentase 20, 40, dan 40 untuk pencairannya. DD untuk Kabupaten Benteng tahun ini meningkat setelah tahun lalu hanya Rp 98 miliar untuk 142 desa. Tahun ini menjadi Rp 111 miliar. Angagarn tersebut bertujuan untuk mempercepat proses pembangunan di tingkat desa terutama yang menjadi kebutuhan masyarakat desa. Selain infrastruktur yang masuk dalam rencana kegiatan di tingkat desa, juga ada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Kalau DD/ADD tidak bisa cair hanya karena belum adanya APBDes, maka pembangunan bisa terhambat dan masyarakat juga yang akan menanggung akibatnya. “Kami berharap segera selesaikan syarat sehingga anggaran untuk desa bisa dicairkan,” imbau Ade.(vla)

Berita Lainnya

Pemilih Pemula Awasi Pilgub

BENTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Tengah mengajak peran serta pelajar sebagai pemilih pemula ...