Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Hasil Temuan BPK Siap Dilimpahkan

Hasil Temuan BPK Siap Dilimpahkan

Diah Winarsih

KOTA MANNA – Belum ada itikad baik rekanan dan pihak lain untuk mengembalikan temuan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) yang jadi tuntutan ganti rugi (TGR), memaksa Pemkab Bengkulu Selatan (BS) geram.

Inspektur Daerah (Ipda) BS H Diah Winarsih SH,  mengatakan “Perlindungan” yang selama ini diberikan segera dicabut. Dalam waktu dekat ini Pemkab melalui Inspektorat akan melimpahkan temuan BPK ke aparat penegak hukum (APH) untuk diproses lebih lanjut.

“Surat untuk pelimpahan temuan BPK ke APH sudah dibuat. Tinggal dikoordinasikan lagi dengan Pak Bupati dan Pak Sekda,” terang Diah.

Pelimpahan temuan BPK pada APH sebelumnya, lanjut Diah, sudah mendapatkan persetujuan Bupati BS, Gusnan Mulyadi, SE, MM. Hal itu merupakan langkah akhir. Dan harus diambil untuk menyelematkan keuangan negara yang selama ini terus menjadi temuan BPK.

‘’Bupati sudah sarankan untuk dilimpahkan ke APH. Karena itu solusi agar tata kelola keuangan bisa lebih baik. Pasalnya, setiap tahun selalu jadi temuan BPK,” ujar Diah.

Dikatakan temuan BPK yang tercatat menjadi TGR akan dilimpahkan ke APH adalah rekapan tahun 2005 hingga tahun 2017. Jumlahnya masih mencapai miliaran rupiah.

Selama ini Pemkab BS memberi kelonggaran kepada rekanan dan sejumlah pihak untuk mengembalikan temuan tersebut. Namun sikap baik Pemlab terkesan diabaikan.

“Data temuan BPK tersebut sudah disiapkan. Kalau nanti sudah dikoordinasikan kepada bupati, segera dilimpahkan ke APH,” jelas Diah.(tek)

Berita Lainnya

Masih Banyak Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

KOTA MANNA – Di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sampai sekarang, masih ada desa rawan pangan. ...

error: Content is protected !!