Kamis , 21 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Jalan Nasional Rawan Longsor

Jalan Nasional Rawan Longsor

PANTAU: Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi memantau bencana longsor yang terjadi di Desa Batu Kuning, Pasar Manna.(foto: rio/rb)

PASAR MANNA – Meski berada didekat pusat kota, jalan lintas nasional di Desa Batu Kuning Kecamatan Pasar Manna, pengendara patut waspadam karena rawan longsor.

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sudah menyebabkan longsor kecil di Desa Batu Kuning Rabu (12/6).

“Memang di desa kami rawan longsor, sebab lokasinya banyak tebing. Ada sekitar 30 rumah yang dekat tebing. Bila hujan deras warga saya harus waspada. Tidak hanya itu para pengendara yang melintas juga harus waspada,” kata Penjabat Kades Batu Kuning, Andi Dian Natta, S.Sos.

Lanjut Andi dari longsor tersebut terpaksa pihaknya melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat berat milik Dinas Pertanian (Distan) Bengkulu Selatan. Ini dilakukan agar tidak mengganggu pengguna jalan.

“Kami minta agar pelapis tebing ditambah. Karena saat ini pelapisnya masih minim dan rawan longsor. Kalau terjadi longsor pasti  menutupi bandan jalan,” ujarnya.

Pemerintah desa tidak bisa berbuat banyak, karena badan jalan milik pemerintah pusat. “Ini jalan nasional, jadi kita (pemerintah desa) tak bisa berbuat untuk pencegahan,” beber Andi.

Sementara Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM yang melihat langsung pembersihan material longsor di Desa Batu Kuning itu mengatakan untuk penanggulangan, kedepan Pemkab akan berkoordinasi dengan Balan Jalan Nasional.

Karena ini jalan nasional, jadi pemerintah daerah dan desa belum bisa berbuat banyak.

Namun ia mengingatkan, titik longsor harus diwaspadai. Mengingat kalau sewaktu–waktu terjadi bisa mengancam keselamatan para pengendara yang sedang melintas. “Kami harap pemerintah pusat segera menindaklanjuti,” pungkas Gusnan.(tek)

Berita Lainnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gelar Workshop Waspada Bencana

KOTA MANNA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan gelar workshop Kajian Kebutuhan Pasca ...