Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Jangan Ditukar Rokok

Jangan Ditukar Rokok

Sidarmin Tetap

KOTA BINTUHAN – Dinas Sosial Kabupaten Kaur saat ini tengah membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 9.548 keluarga miskin yang tersebar di 15 kecamatan di Kaur, untuk mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang akan segera disalurkan. Program ini merupakan pengganti dari program Rasta, dimana setiap penerimanya akan mendapat bantuan uang senilai Rp 110 ribu.

Namun, seperti diketahui bantuan itu tidak bisa diambil dalam bentuk uang. Akan tetapi sudah dalam bentuk beras dan telur senilai uang tersebut. Jika direalisasikan bantuan tersebut berupa beras 10 kilogram (kg) dan telur ayam satu karpet. Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kaur, Sidarmin Tetap.

“Bantuan ini berupa beras dan telur. Jadi kami ingatkan kepada penerima untuk tidak coba-coba menukar bantuan itu dengan rokok atau lainnya. Karena jika sampai ketahuan maka akan bermasalah nantinya, karena setiap penyaluran akan diawasi oleh satgas. Termasuk pihak ketiga, jangan sampai beras ditukar dengan barang lain. Karena programnya itu beras dan telor saja,” tegas Sidarmin.

Lebih lanjut Sidarmin mengatakan kalau data penerima sama dengan data penerima rasta atau selama ini raskin. Namun dengan pola yang berbeda, sekarang ini tidak hanya beras namun ada telur. Untuk data penerima yang menentukan pemerintah pusat dan setiap bulan terus diperbaiki.

Jadi kepala desa atau perangkat desa jika ada warganya yang belum masuk, namun layak menerima laporkan kepada Dinas Sosial. Nanti petugas yang akan memantau dan memasukan data calon penerima baru tersebut ke aplikasi secara online.

“Untuk data itu terus diperbaharui dan sesuai dengan syarat penerima. Jadi kalau ada warga yang awalnya miskin, namun karena usahanya lancar dan membaik bisa jadi tidak dapat lagi. Dan begitu seterusnya program ini bertujuan untuk membantu warga yang benar-benar miskin,” pungkas Sidarmin.(cik)

Berita Lainnya

Usulan Anggaran Pilkada Rp 49 Miliar

KOTA BINTUHAN – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) saat ini tengah menggodok usulan dana pemilihan ...

error: Content is protected !!