Rabu , 18 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Kadis Kesehatan Seluma Diperiksa

Kadis Kesehatan Seluma Diperiksa

I Nyoman Merthadana

SELUMA – Tim Penyidik Tipidkor Satreskrim Polres Seluma, terus melakukan pemeriksaan terhadap empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Seluma yang memiliki temuan hasil audit BPK RI tahun 2017. Sebelumnya penyidik telah memanggil Kadis Perikanan, Emzaili Hambali, Kadisperindakkop UKM, H. Mulyadi, S.Sos, MM dan Plt. Kadispendik, Mirin Ajib, SH, MH yang dilakukan sebelum libur cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriah lalu. Penyidik kembali memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Seluma, Rudi Sawaludin, S.Sos, Rabu (12/6) pukul 10.00 WIB.

Kepolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim, AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.IK mengatakan, pemanggilan yang dilakukan tersebut untuk mengklarifikasi terkait tindak lanjut Dinkes Seluma terkait pengembalian temuan hasil audit BPK RI tersebut.

“Iya, hari ini kita panggil dan periksa Kadis Kesehatan Seluma. Kita hanya ingin pastikan tindak lanjut pengembalian temuan BPK tersebut,” terang Rizka, Rabu (12/6).

Dijelaskan Rizka, dari hasil audit BPK RI di Dinkes Seluma tahun 2017 lalu ada temuan sebesar Rp 132 juta. Temuan ini terdapat pada pembangunan tembok pagar Kantor Dinkes Seluma dengan pagu anggaran Rp 800 juta.

“Dari total temuan tersebut, sudah dikembalikan sebesar Rp 30 juta. Jadi masih menyisakan Rp 102 juta lagi yang harus dikembalikan oleh Dinkes Seluma,” kata Rizka.

Lanjut Rizka, pengembalian temuan audit BPK RI sebesar RP 30 juta tersebut, dikembalikan oleh Dinkes Seluma tahun 2018 lalu, sebanyak dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp 25 juta dan kedua Rp 5 juta. “Untuk tahun 2019 ini belum ada pengembalian yang dilakukan oleh Dinkes Seluma. Hanya Rp 30 juta di tahun 2018 lalu yang telah dikembalikan dan masuk ke Kasda,” imbuhnya.

Tambah Kasat Reskrim, usai melakukan pemeriksaan empat Kepala OPD ini, Penyidik Tipidkor Satreskrim Polres Seluma akan kembali menjadwalkan pemangggilan terhadap kontraktor pelaksana kegiatan di empat OPD tersebut.

“Setelah ini, kita akan panggil dan periksa pihak kontraktor pelaksana kegiatannya. Kita akan jadwalkan dulu, jika memang memungkinkan dalam minggu ini akan langsung kita panggil dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan kapan temuan BPK tersebut akan dikembalikan,” demikian Rizka. (aba)

Berita Lainnya

Pemerintah Kabupaten Seluma Ingatkan Investor Pabrik Migor

SELUMA – Pemkab Seluma melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) meminta ...

error: Content is protected !!