Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kelangkaan Barang Picu Kenaikan Harga

Kelangkaan Barang Picu Kenaikan Harga

PANTAU: Pihak kepolisian bersama Disperindagkop dan UKM Benteng memantau penjualan sembako di pasaran pasca kenaikan setelah lebaran Idul Fitri.(foto: FINTAH/RB)

BENTENG – Seminggu setelah lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, kenaikan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok, diantaranya cabai yang sempat naik hingga Rp 100 ribu per kilogram, mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui OPD terkait hingga pihak kepolisian. Pemantauan langsung dilakukan di beberapa pasar mingguan yang ada di Kabupaten Benteng.

Sekretaris Disperindagkop & UKM Benteng, Sri Yurdaniah SE, M.Si menjelaskan pihaknya perlu mengetahui alasan kenaikan harga sembako tersebut. Apalagi kenaikan mencapai dua kali lipat dari harga sebelum lebaran. “Kenaikan jangan sampai menyulitkan masyarakat selaku konsumen,” terangnya.

Dari hasil pemantauan, kenaikan dipicu karena kelangkaan atau ketersediaan barang di pasar masih kurang. Pasar mingguan di Benteng digelar hanya sekali dalam seminggu. Pedagang beberapa hari pasca lebaran masih ada yang belum berjualan. Padahal, pedagang pasar mingguan di Benteng mayoritas berasal dari luar Benteng yang datang membawa dan menjual dagangannya ke pasar di Benteng.

Namun, sejak kemarin, harga jual beberapa kebutuhan pokok sudah dinilai stabil. Meskipun ada kenaikan tidak terlalu besar seperti ketika H+3 lebaran lalu yang sempat naik hingga dua kali lipat. Pantauan juga dilakukan Polsek Talang Empat. Di Pasar Kembang Seri, beberpaa kebutuhan pokok sudah mulai banyak tersedia. Pedagang juga sudah mulai banyak yang berjualan. Hal ini dapat menghindari adanya kenaikan harga. “Dengan ketersediaan bahan pokok dalam jumlah banyak, harga juga bisa terjangkau oleh pembeli,” kata  Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP. Ariefaldi Warganegara SH, S.IK, MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE.(vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!