Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Ombak Tinggi, Enggano Kekurangan Stok BBM

Ombak Tinggi, Enggano Kekurangan Stok BBM

Eka Hendriyadi

ARGA MAKMUR – Ditundanya pelayaran dari dan menuju Pulau Enggano dari Kota Bengkulu, berdampak pada stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di kecamatan dengan enam desa tersebut. Seharusnya Senin (10/6) lalu BBM dari Pulau Baai dikirimkan ke Enggano.

Kadis Perhubungan Bengkulu Utara, Eka Hendriyadi, SH, MH menjelaskan penundaan keberangkatan kapal ke Enggano karena ombak di perairan Enggano – Bengkulu setinggi 4-6 meter. Ini sesuai dengan pemberitahuan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Dengan ombak setinggi itu sangat membahayakan pelayaran,” katanya.

Pemkab Bengkulu Utara juga akan berkoordinasi dengan ASDP terkait pengiriman BBM ke Enggano. Sehingga saat peringatan bahaya berlayar dicabut, BBM bisa langsung dikirimkan ke Enggano. “Untuk pengiriman BBM sudah ditunjuk kapal khusus menunju Enggano. Tentunya itu juga mempertimbangan cuaca dari BMKG,” terang Eka.

Kondisi tersebut juga berimbas pada melonjaknya harga harga BBM di Enggano. Harga Pertalite mencapai Rp 14 ribu per liternya karena susah didapat. Pemkab Bengkulu Utara sendiri sudah memberikan subsidi pelayaran angkutan BBM ke enggano sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Kenaikan harga BBM di Enggano selama ini tidak terlalu tinggi lantaran masyarakat hanya dibebankan kenaikan harga yang merupakan harga mobilisasi BBM dari pelabuhan menuju koperasi-koperasi pengelola.(qia)

Berita Lainnya

Guru Ditarget Nilai Kelulusan Tertinggi

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H. Mian memberikan target kepada para guru ...

error: Content is protected !!